Wartapost.com

Olahraga Sambil Berburu Pokemon, Ini Kata Dokter

  • Reporter:
  • Sabtu, 6 Agustus 2016 | 17:17
  • / 2 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 89 kali
Olahraga Sambil Berburu Pokemon, Ini Kata Dokter
Berburu Pokemon

Wartapost.com – Jika sebelumnya pemain Pokemon Go mengunduh game dari sumber tidak resmi, saat ini game itu telah resmi masuk ke Indonesia. Dengan begitu, game yang memaksa penggunanya untuk beraktifitas fisik diprediksi akan semakin bertambah peminatnya. Alasannya cukup jelas, selain menawarkan keseruan dalam bermain, pengguna juga dapat olahraga untuk mendapat tubuh yang lebih sehat.

Kehadiran Pokemon Go seakan menjawab keresahan masyarakat yang semakin asik dengan berbagai fasilitas smartphone sehingga mengurangi aktifitas fisik. Masyarakat yang kekurangan aktifitas fisik akan terancam terkena penyakit seperti diabetes, hipertensi dan obesitas.

Kendati bermain Pokemon Go juga menyehatkan, pengguna tidak lantas bermain tanpa aturan. Undapatkan keseruan dan kesehatan yang berimbang, pengguna Pokemon Go harus memperhatikan beberapa hal berikut seperti yang dijelaskan dr. Fajar Pradana Putra dari RSUD Prof. Dr. M.A Hanafiah.

1. Pastikan Kondisi Tubuh Dalam Keadaan Fit

Walaupun permainan ini sangat menggoda pengguna untuk pergi keluar, mereka harus memastikan keadaan tubuh mereka dalam kondisi terbaik. Jangan paksakan diri jika merasa tidak sehat. Keluarlah sewajarnya saja sesuai dengan kemampuan.

2. Pakai Atribut Yang Sesuai

Jika seorang memang berniat berburu Pokemon sambil berolahraga maka sepatutnya mereka menggunakan atribut yang sesuai. Beberapa atribut yang perlu diperhatikan adalah celana, kaos atau sepatu olahraga jika ingin lari marathon atau bersepeda. Hal ini penting untuk dilakukan agar tubuh dapat bergerak dengan optimal sehingga memberikan efek positif.

3. Pastikan Tubuh Tidak Mengalami Dehidrasi

Salah satu hal yang berbahaya ketika melakukan aktifitas fisik yang berlebihan adalah terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Jangan sampai sangking asiknya bermain, pengguna tidak memperhatikan tanda-tanda kekurangan cairan seperti keluar banyak keringat dan mulut kering atau pusing. Sebaiknya jika bermain Pokemon Go sambil membawa tas kecil yang berisi air mineral. Hal tersebut berguna untuk mengisi cairan tubuh jika sudah merasa dehidrasi.

4. Lindungi Diri dari Cahaya Matahari Langsung

Sebaiknya dalam mencari Pokemon gunakan waktu pagi atau sore. Hal ini sangat bermanfaat dalam menghindari sinar ultraviolet dari matahari kala siang hari. Namun, jika pengguna tetap ingin berburu Pokemon pada siang hari, pastikan membawa pelindung sinar matahari seperti topi atau krim tabir surya.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


5. Perhatikan Lingkungan

 

Inilah hal yang paling sering dianggap negative saat bermain Pokemon Go. Banyak pemain yang terlalu asik bergerak sambil focus ke layar smartphone tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. Sudah banyak kasus kecelakaan akibat pemain Pokemon Go tidak awas terhadap lingkungan. Jika memang sangat ingin tetap focus pada layar smartphone maka ajaklah teman yang dapat membantu anda mengawasi lingkungan sekitar. Hal tersebut dapat lebih memberikan rasa aman saat bermain. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional