Wartapost.com

Libur Kampanye, Calon Petahana Tetap Digaji

  • Reporter:
  • Kamis, 13 Oktober 2016 | 05:29
  • / 11 Muharram 1438
  • Dibaca : 87 kali
Libur Kampanye, Calon Petahana Tetap Digaji
Rano Karno, Salah Satu Kepala Daerah Yang Ikut Pilkada 2017.

WARTAPOST.com – Memasuki masa cuti kampanye akhir bulan ini, kepala daerah yang mendaftar di Pilkada 2017 masih akan tetap mendapat gaji pokok sebagai pejabat.

Tidak hanya gaji pokok, selama masa cuti kampanye Pilkada 2017 calon petahana akan menerima enam jenis tunjangan. Enam jenis itu, pertama adalah tunjangan jabatan, tunjangan anak, istri, beras, kecelakaan kerja dan keselamatan kerja.

Direktur Fasilitas Kepala Derah, DPRD, dan Hubungan AntarLembaga (FKDH) Kemdagri Akmal Malik mengatakan di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (12/10), “Ada tujuh item (tunjangan) yang masih bisa diterima. Hal ini diatur dalam pasal 10 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2016. Namun ada juga beberapa fasilitas yang tidak bisa digunakan oleh mereka seperti mobil, kendaraan dinas dan ajudan.”

Nantinya fasilitas yang tidak bisa digunakan oleh petahana akan dimanfaatkan oleh pelaksana tugas pengganti yang telah ditunjuk oleh Kendagri. Menurut aturan, pelaksana tugas hanya bisa menggunakan fasilitas itu hingga tanggal 11 Februari 2017 dimana masa kampanye Pilkada berakhir.

Akmal menjelaskan, ada 40 pelaksana tugas kepala daerah yang telah ditunjuk oleh Kemdagri. Pelaksana tugas itu akan terbagi menjadi 5 provinsi, 26 kabupaten dan 9 kota selama Pilkada 2017 nanti.

“Sebelum 11 Februari, ada kurang lebih 21 jabatan yang akan berakhir masa jabatannya. Jabatan kepala derah yang akan berakhir ada di 4 provinsi, 15 kabupaten, dan 2 kota,” tambahnya.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Jika pelaksana tugas bekerja di wilayah yang akan habis masa kepemimpinan daerahnya maka statusnya dapat beralih menjadi pejabat daerah. Pejabat daerah atau jabatan pelaksana tugas yang disandang hingga masa kampanye Pilkada berakhir. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional