Wartapost.com

Ini Yang Harus Anda Lakukan Jika Baterai HP Panas

  • Reporter:
  • Kamis, 13 Oktober 2016 | 06:11
  • / 11 Muharram 1438
  • Dibaca : 266 kali
Ini Yang Harus Anda Lakukan Jika Baterai HP Panas
Samsung Galaxy Note 7 Pengganti Masih Saja Terbakar, 2 Kasus Terakhir Terjadi di Taiwan dan Amerika Serikat

WARTAPOST.com – Tidak dapat dipungkiri, kasus yang terjadi kepada Samsung Galaxy Note 7 telah membuat catatan hitam bagi dunia ponsel pintar saat ini. Walaupun tidak hanya produk terbaru Samsung, sebagian besar penyebab dari terjadinya kasus semacam ini adalah akibat dari kelalaian pengguna yang tidak menggunaan aksesoris original.

Seringnya terjadi laporan baterai ponsel memanas hingga mengeluarkan api bahkan membahayakan nyawa penggunanya. Dari kasus-kasus itu, muncul satu pertanyaan penting. Langkah antisipasi apa yang harus dilakukan jika seorang pengguna mendapati baterai ponsel yang mulai memanas?

Seorang ahli baterai mengatakan kepada Time, Dr Donald R Sadoway. Hal pertama yang harus dilakukan jika mendapati baterai ponsel yang memanas berlebih adalah dengan memutus lairan listrik atau kabel charger yang sedang terhubung.

Langkah selanjutnya adalah dengan menutup seluruh permukaan baterai dengan selimut tahan api. Walaupun cara ini sebenarnya hanya berpotensi sangat kecil untuk menurunkan suhu baterai sebab dalam baterai ponsel memang ada kandungan yang pada dasarnya mudah terbakar.

Jika baterai tidak sedang terhubung dengan aliran listrik maka sebaiknya pengguna menjaga jarak dengan baterai itu. Apabila sudah ditemukan percikan api atau baterai tidak menunjukkan adanya penurunan suhu maka sebaiknya hubungi pihak pemadam kebakara atau petugas yang berwajib.

Penyebab utama mudahnya baterai ponsel terbakar adalah adanya reaksi kimia energi padat saat perangkat dioperasikan. Selain itu, adanya masalah saat sel baterai anoda dan katoda melakukan kontak juga bisa menjadi penyebab terbakarnya baterai ponsel.

Galaxy Note 7 pun sama, ia sedang menghadapi masalah itu. Untuk itu, Samsung telah memberikan kepastian pihaknya sedang melakukan investigasi yang medalam untuk mengatasi permasalahan sel baterai pada 2,5 juta unit produk yang telah ditarik dari pasar.

Sayangnya, insiden terbakarnya baterai masih saja terjadi walaupun Samsung telah memberikan versi penggantinya. Dua kasus terakhir yang terjadi adalah di Taiwan dan Amerika Serikat.

 

Mengenai kasus yang terjadi terhadap ponsel pintar terbarunya, Samsung mengtakan di situs resminya akan kembali melakukan investigasi untuk Galaxy Note 7 pengganti.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional