Wartapost.com

Angkat Berat Sumbang Medali Pertama Untuk Indonesia

  • Reporter:
  • Minggu, 7 Agustus 2016 | 11:55
  • / 3 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 168 kali
Angkat Berat Sumbang Medali Pertama Untuk Indonesia
Sri Wahyuni | Olimpiade Rio 2016

Wartapost.com – Indonesia patut berbangga, salah satu kontinguen Olimpiade Rio 2016 pada cabang olah raga angkat berat telah sumbangkan medali pertamanya pada Minggu (6/8) pagi waktu setempat. Adalah Sri Wahyuni yang turun pada kelas 48 kg meraih medali perak setelah berhasil memperoleh catatan total angkatan 192 kg.

Sri Wahyuni kalah dari Sopita Tanasan, lifter dari Thailand yang berhasil melakukan total angkatan 200 kg dan memperoleh medali emas. Yuni kalah pada kategori snatch dari Sopita yang berhasil mengangkat beban seberat 92 kg. Sopita berhasil melakukan angkatan dalam tiga percobaan snatch yaitu 88 kg, 90 kg dan 92 kg. Sedangkan Yuni hanya bisa sampai pada percobaan snatch seberat 85 kg setelah mencoba dua kali. Pada percoban pertama ia berhasil mengangkat beban seberat 82 kg. Sayangnya pada percobaan terakhir, ia gagal mengankat beban seberat 87 kg.

Sementara dalam kategori Clean and Jerk, Yuni mampu mengangkat beban seberat 107 kg. Sayangnya ia tidak mampu mengangkat beban seberat 115 kg pada percobaan kedua. Pada percobaan ketiga pun tidak berhasil ia lakukan. Adapun lifter Thailand saingannya mampu mengangkat 108 kg.

Keberhasilan Yuni dalam meraih medali perak di ajang Olimpiade Rio 2016 telah menuai banyak pujian termasuk dari Presiden dan Wakil Presiden RI.  Melalui akun twitternya @jokowi, Joko Widodo bercuit “Lifter putri Sri Wahyuni memperoleh medali perak pada Olimpiade Rio 2016. Rakyat Indonesia bangga-Jkw.

Tidak ketinggalan, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla pun turut serta memberikan cuitan di akun twitternya @Pak_JK, “Slmt u/ lifter Sri Wahyuni yg telah meraiih medali perak Olimpiade #Rio2016. Semoga jd penyemangat atlet Indonesia lainnya u/ merebut medali.

Berkat keberhasilan Sri Wahyuni pada ajang ini, sekaligus mempertegas prestasi cabang olahraga angkat besi dalam ajang Olimpiade. Tercatat, selama 28 kali ikut serta dalam Olimpiade, cabang olahraga angkat besi telah menyumbang sebanyak 9 medali (4 perak, 5 perunggu). Hal tersebut menjadikan angkat besi sebagai cabang olah raga kedua yang paling banyak menyumbang medali kepada Indonesia dalam ajang Olimpiade setelah bulu tangkis dengan 18 medali (6 emas, 6 perak dan 6 perunggu).

Olimpiade Rio 2016 merupakan debut bagi Sri Wahyuni yang akan berulang tahun pada 13 Agustus mendatang. Keberhasilan ini seakan menjadi hadiah bagi ulang tahunnya karena menjadi atlet Indonesia pertama yang meraih medali.

Prestasi Sri Wahyuni pun sebenarnya tidak begitu mengejutkan ketika melihat prestasi yang ia capai seblumnya. Lifter asal Jakarta ini telah menunjukkan keahliannya sejka tiga tahun silam. Pada saat itu ia berhasil memperoleh medali emas dalam ajang Islamic Solidarity Games III di Indonesia. Lalu pada tahun yang sama ia juga berhasil mendapat medali emas dalam ajang SEA Games di Myanmar.

Sedangkan pada ajang Kejuaraan Dunia Junior Angkat Besi pada Juni 2014 di Rusia. Sri Wahyuni berhasil memperoleh dua medali emas dan satu medali perak di beberapa kelas yang ia ikuti. Tidak cukup itu saja, beberapa bulan setelahnya yaitu pada November 2014 ia berhasil menambah medali peraknya dalam ajang Asian Games.

 

Berkat keberhasilan pemudi yang tengah belajar hukum di Universitas Bhayangkara, Bekasi itu diharapkan dapat menjadi pelecut semangat para atlet lainnya untuk mengikuti jejaknya. Hal ini senada dengan apa yang diucapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi saat memberikan apresiasi kepada Sri Wahyuni.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional