Wartapost.com

Mengapa Islam Muncul di Mekah?

  • Reporter:
  • Kamis, 13 Oktober 2016 | 09:29
  • / 11 Muharram 1438
  • Dibaca : 148 kali
Mengapa Islam Muncul di Mekah?

WARTAPOST.com – Mekkah manjadi pusat peradaban sejak zaman Rasulullah SAW, dan islam muncul juga berasal dari Mekkah. Mungkin pertanyaan ini seringkali mengusik di benak? Apa alasan yang melatarbelakangi dipilihnya Mekah sebagai tempat munculnya agama Allah yang disampaikan lewat Rasul? Padahal ada banyak tempat lain yang tersebar di seluruh muka bumi.

Allah Memilih Karena Hikmah

Dalam memilih kedatangan Rasul, tentu saja Allah menentukan sesuai ilmu-Nya dan hikmah-Nya. Karena Allah tersucikan dari tindakan sia-sia. Apalagi hanya untuk main-main.

Allah berfirman,

“Apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu untuk main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami? (115) Maka Maha Tinggi Allah, Sang Raja al-Haq…” (QS. al-Mukminun: 115-116)

Banyak ketetapan Allah yang sebenarnya makhluk tidak memiliki kepentingan dengan-Nya. Dalam arti, makhluk tahu maupun tidak tahu, sama sekali tidak menambah ketakwaannya kepada Allah. Bisa jadi, pertanyaan yang hanya sebatas ‘kepo’ untuk sesuatu yang tidak ada kepentingan dengannya, termasuk tindakan kurang beradab.

Karena itulah, kita tidak pernah menjumpai ada sahabat yang mempertanyakan hal ini. Sementara mereka adalah manusia yang paling haus tentang ilmu agama. Dan mereka memiliki guru yang paling istimewa, yaitu Rasulullah SAW.

Tanggung jawab kita, hanyalah bagaimana bisa bertemu Allah dengan selamat. Sementara alasan mengapa Allah mengutus Rasul-Nya dari Mekah, kita serahkan saja kepada Allah yang Maha Tahu.

“Allah lebih mengetahui di mana Dia menempatkan tugas kerasulan.” (QS. al-An’am: 124)

Meski begitu, ada sejumlah referensi yang menyebutkan beberapa hikmah besar, yang menjadi alasan mengapa Allah mengutus Rasul-Nya Muhammad SAW di Mekah.

Pertama, orang Mekah dikenal sebagai orang yang ummi, tidak bisa baca tulis. Karena itu Rasulullah dihadirkan dengan membawa mukjizat terbesar, yaitu Alquran. Sehingga……..selengkapnya baca di sini.

sumber: dream.co.id

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional