Wartapost.com

Intip Kekayaan Bhumibol Adulyadej, Raja Thailand Terkaya Dunia

  • Reporter:
  • Jumat, 14 Oktober 2016 | 06:42
  • / 12 Muharram 1438
  • Dibaca : 374 kali
Intip Kekayaan Bhumibol Adulyadej, Raja Thailand Terkaya Dunia

WARTAPOST.com – Belum lama ini warga Thailand diselimuti suasana berkabung, Raja Thailand yakni Bhumibol Adulyadej, wafat pada Kamis, 13 Oktober 2016, karena sakit yang iya alami.

Dilansir dari International Business Times, Jumat 14 Oktober 2016, pria penyuka musik ini naik tahta saat berusia 18 tahun pada 1946. Dia dinobatkan sebagai raja untuk menggantikan kakaknya, Raja Ananda Mahidol, yang tewas ditembak.

Sepanjang masa  kekuasaannya, Bhumibol punya pengaruh yang penting bagi situasi politik di Thailand. Dia pun berhasil menyeimbangkan kekuatan di tengah iklim politik yang bergejolak. Tak hanya itu, raja yang meninggal dunia pada usia 88 tahun ini juga dicintai rakyat karena dekat dengan rakyatnya.

Selain terkenal dekat dengan rakyat, Bhumibol juga merupakan salah satu raja terkaya di dunia.

Tidak diketahui secara pasti berapa jumlah kekayaannya. Akan tetapi, kekayaannya disebut mencapai US$30 miliar-US$40 miliar atau setara Rp391,79 triliun sampai Rp522,38 triliun.

Tanah Ribuan Hektare

Kekayaan ini didapat dari kepemilikan properti. Kerajaan memiliki beberapa kawasan real estate di Bangkok dan pusat Thailand. Kerajaan juga menyewakan lahan atau properti untuk mensubsidi sewa.

Raja Bhumibol memiliki 3.320 hektar lahan Bangkok dan 13.200 lahan di kota dan perusahaan holding yang dimiliki kerajaan lainnya. Hanya 7 persen lahan yang disewakan secara komersial dan mereka disewakan dengan tarif 4 persen dari nilai pasar.

Saham di Bank dan Semen

Selain kepemilikan properti, Bhumibol juga mendapatkan kekayaan dari investasi. Perusahaan pengelola aset dan properti raja, The Crown Property Bureau (CPB), memiliki 23 persen saham bank terbesar di Thailand, Siam Commercial Bank.

Sekadar informasi, Siam Commercial Bank ini memiliki nilai sebesar US$23 miliar atau Rp300,37 triliun pada 2013. CPB juga memegang 32 persen saham perusahaan semen Thailand, Siam Cement Group—perusahaan yang bernilai US$12,6 miliar atau Rp116,55 triliun.

sumber: Dream.co.id

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional