Wartapost.com

Belum Kampanye, Sandiaga Sudah Habiskan Rp29,3 M

  • Reporter:
  • Jumat, 14 Oktober 2016 | 07:27
  • / 12 Muharram 1438
  • Dibaca : 152 kali
Belum Kampanye, Sandiaga Sudah Habiskan Rp29,3 M
Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

WARTAPOST.com – Sandiaga Uno, bakal calon wakil gubernur DKI Jakarta mengaku sudah habiskan uang Rp29,3 miliar hanya untuk sosialisasikan dirinya yang maju dalam Pilkada 2017. Pengusaha yang berpasangan dengan Anies Baswedan mengatakan dana sebesar itu telah ia habiskan dalam renta waktu 11 bulan yaitu sejak November tahun lalu hingga September tahun ini.

Mengenai sumber dana, Sandiaga mengatakan tidak mendapat bantuan dari pihak manapun. Dana sebesar itu ia keluarkan dari saku pribadinya.

“Dana yang saya gunakan berasal dari saku pribadi, tabungan, dan sumber halal seperti usaha dan pecahin celengan semar. Jumlahnya Rp29,3 miliar,” ucap Sandiaga di Jakarta, Kamis (13/10).

Sebanyak 87 persen dari Rp29,3 atau sekitar Rp25,6 ia gunakan untuk blusukan ke berbagai sudut di Jakarta untuk mendengar aspirasi masyarakat. Sudah ada 500 titik di 267 kelurahan dan 44 kecamatan sudah ia datangi.

Sementara, 6 persen atau 1,8 miliar sisanya ia gunakan untuk mengumpulkan basis data dan advokasi. Selanjutnya sekitar 7 persen atau Rp1,9 miliar ia gunakan sebagai logistic dan biaya jaringan.

Mengenai pengaturan pengeluarannya, Sandiaga mengaku sudah bekerjasama dengan Ikatan Akuntansi Indonesia untuk mengaudit dananya sesuai standar akuntansi.

Sandiaga yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra menyatakan perlunya ia mempublikasikan dana pencalonannya sebagai salah satu bentuk tanggungjawab kepada partai dan masyarakat.

Walaupu telah menghabiskan banyak dana, Ia dan Anies masih terus menggodok dan membahas besarnya dana yang akan digunakan dalam masa kampanye nanti.

“Secara pribadi belum menyiapkan anggaran untuk 2017, jadi loporan ini adalah pertanggungjawaban ke belakang,” ucapnya.

Untuk menghemat biaya, Sandiaga dan Anies akan berusaha melakukan kampanye seefisien dan seefektif mungkin. Diantaranya adalah dengan menggalang dana dari partisipasi public saat berkampanye nanti.

“Kami undang partisipasi masyrakat, kami yakin masih banyak yang ingin berpartisipasi walaupun perekonomian sedang buruk. Kami akan buat seinovatif mengkin dan tentu kami punya batasnya,” tambahnya.

Berdasarkan pada rapat koordinasi nasional (Rakornas Partai Gerindra akhir Juli lalu, Sandiaga resmi dicalonkan sebagai bakal calon gubernur yang maju di Pilkada Jakarta 2017.

Sebelumnya, untuk maju di Pilkada, Sandiaga sempat melakukan pendekatan ke beberapa partai lain seperti PDI Perjuangan, sebelum akhirnya diterima di Partai Gerindra.

Sandiaga sebelumnya sempat akan dipasangkan dengan Mardani Ali berdasarkan usulan PKS. Hingga akhirnya keputusan itu berubah di akhir-akhir masa pencalonan dan dipilihlah Anies Bswedan sebagai pasangannya.

 

Pada Pilkada DKI Jakarta 2017, bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno diusung oleh dua partai, yaitu Gerindra dan PKS.    

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional