Wartapost.com

Resmi Tutup Penyerahan Berkas Calon Independen, KPU DKI Kantongi Satu Pasangan Calon

  • Reporter:
  • Minggu, 7 Agustus 2016 | 19:11
  • / 3 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 166 kali
Resmi Tutup Penyerahan Berkas Calon Independen, KPU DKI Kantongi Satu Pasangan Calon
Ichsanuddin Noorsy dan Ahmad Daryoko menyerahkan berkas persyaratan kepada KPU Pusat Jakarta.

Wartapost.com – Seperti yang telah dijadwalkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta pada Minggu (7/8/2016) sore telah resmi menutup waktu penyerahan persyaratan calon Pilkada DKI 2017 jalur perseorangan. Sesuia aturan, KPU menerima persyaratan dukungan calon perseorangan dari jam 08.00 samapi pukul 16.00 WIB.

Menurut ketua KPU DKI Jakarta Pusat, Sumarno, hanya ada satu pasangan calon yang dapat memenuhi persyaratan pendaftaran calon gubernur DKI melalui jalur perseorangan. Mereka adalah pasangan Ichsanuddin Noorsy dan Ahmad Daryoko.

Menurut Sumano, sperti yang telah terjadwalkan bahwa KPU DKI Jakarta Pusat akan menerima berkas lamaran jalur perseorangan selama 5 hari yang dimulai sejak 3 sampai 7 Agustus 2016. Selama lima hari tersebut terdapat tujuh pasangan calon yang melakukan konsultasi. Namun hanya satu yang dapat diterima berkasnya yaitu pasangan Ichsanuddin Noorsy dan Ahmad Daryoko karena telah memenuhi syarat yang ditetapkan undang-undang.

Bedasar pada Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 2012 tentang Pilkada, maka syarat yang harus dipenuhi oleh calon pasangan melalui jalur perseorangan adalah mendapat dukungan minimal 532.213 dukungan yang dibuktikan dengan formulir B 1 KWK Perseorangan disertai dengan fotocopy KTP-nya.

Dari keseluruhan dukungan itu, paling tidak harus tersebar di empat wilayah DKI Jakarta. Tidak hanya terpusat pada satu wilayah saja.

Saat ini, tim KPU DKI Jakarta tengah melakukan pengecekan dan verifikasi semua berkas yang diserahkan oleh pasangan Ichsanuddin Noorsy dan Ahmad Daryoko. Tidak hanya verifikasi administrasi, KPU juga melakukan verifikasi factual.

Terlepas dari proses pendaftaran dan klarifikasi oleh KPU, Siapakah sebenarnya pasangan Ichsanuddin Noorsy dan Ahmad Daryoko ini. Ichsanuddin Noorsy merupakan seorang ekonom berusia 57 tahun. Berdasrkan pengalaman saat diundang dalam berbagai debat Pilkada tingkat kabupaten/kota dan provinsi, ia memberanikan diri untuk maju ke pertarungan Pilgub DKI 2017.

Alasan utama majunya Ichsanuddin Noorsy dalam Pilkada tahun depan adalah ia menganggap bahwa warga Jakarta memiliki kecerdasan yang lebih menyeluruh sehingga ia yakin warga Jakarta dapat memilih dan menilai pemimpin mereka dengan lebih fair. Itulah sebabnya ia lebih siap maju lewat jalur perseorangan.

Selain itu, ia berkeinginan untuk menumbuhkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemimpin dengan maju perseorangan. Walaupun begitu, komunikasi dengan partai politik juga sangat penting untuk kedepannya.

Datang ke KPU, pasangan Ichsanuddin Noorsy dan Ahmad Daryoko membawa 9 dus berisi fotocoy KTP yang jika dihitung menurut mereka berjumlah 600.000 lembar. Angka ini telah memenuhi persyaratan pengajuan yang hanya berjumlah 532.213 suara.

Saat ini KPU tengah menghitung dan memferifikasi seluruh berkas yang di serahkan oleh pasangan  Ichsanuddin Noorsy dan Ahmad Daryoko.

 

Sebelum pasangan Ichsanuddin Noorsy dan Ahmad Daryoko menjadi satu-satunya pasanga melalui jalur perseorangan, sempat santer dikabarkan Ahok akan maju melalui jalur perseorangan. Namun sayangnya, Ahok tetap masih tidak bisa menolak tawaran partai untuk membantu karirnya di kemudian hari. Akibatnya, Ahok tetap maju Pilkada DKI Jakrta namun melalui jalur partai. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional