Wartapost.com

Duel Finansial, Barcelona Ungguli Real Madrid

  • Reporter:
  • Jumat, 14 Oktober 2016 | 07:35
  • / 12 Muharram 1438
  • Dibaca : 161 kali
Duel Finansial, Barcelona Ungguli Real Madrid
Musim 2015/2016, Keuntungan Barcelona Ungguli Real Madrid.

WARTAPOST.com – Duel paling panas El Clasico antara dua klub sepakbola raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid ternyata tidak hanya dalam lapangan saja. Perihal keuntungan pun jadi panas diantara keduanya. Keduanya saling bersaing dalam hal finansial.

Dilaporkan oleh Goal, Josep Maria Bartomeu mengatakan bahwa klubnya berhasil raup keuntungan sebanyak 678 juta euro sepanjang musim kompetisi 2015/2016.

Dibandingkan musim sebelumnya, Barcelona mendapat untung sebanyak 633 juta euro artinya pada musim ini keuntungan klub ini meningkat sebesar 7,2 persen.

Di lain sisi, Real Madrid pada musim ini justru mendapat untung hanya sebesar 620 juta euro. Pada musim sebelumnya, Real Madrid mendapat untung sebesar 581 juta euro artinya tahun ini keuntungan les blancos naik sebesar 6,7 persen. Pengaruh besar kenaikan keuntungan klub ini adalah sebab mampu menjuarai Liga Champion.

Lalu, untuk musim 2016/2017, Barcelona telah menetapkan target untung sebesar 695 juta euro, sementara rivalnya Real Madrid hanya menargetkan untung sebesar 620 juta euro.

Deloitte, salah satu lembaga riset kuangan terkemuka di Spanyol menyatakan untuk pertama kalinya Barcelona mampu melampaui pendapatan Real Madrid.

Dalam sebelas tahun terakhir, Real Madrid selalu menjadi klub yang paling banyak mendapat keuntungan dan berhasil memuncaki klub olahraga terkaya di Spanyol.

Tidak hanya kalah dari rivalnya Barcelona, berdasarkan perhitungan terakhir, saat ini posisi klub olahraga terkaya dipegang oleh salah satu tim olahraga dari Amerika Serikat yang sebelumnya dipegang oleh Real Madrid.

Pada Juli lalu, dilansir oleh Sky Sports, Dallas Cowboy slah satu tim sepak bola Amerika (NFL) telah mampu geser Real Madrid sebagai klub olahraga yang memiliki nilai kekayaan tertinggi di dunia berdasrkan pada majalah ekonomi Forbes. Sejak tiga tahun terakhir, Real Madrid baru pertama kali tergeser dari posisi itu.

Saat ini nilai Cowboys berdasarkan perhitungan terakhir kini memiliki nilai sebesar US$4 miliar sekitar Rp 52,3 triliun. Walaupun saat ini nilai Real Madrid telah naik sekitar 12,5 persen atau menjadi US$3,65 miliar tetap saja masih dibawah Cowboys.

 

Saat ini klub besar terkaya di dunia masih dikuasi oleh klub sepakbola raksasa eropa. Setelah Real Madrid, klub selanjutnya yang masuk klub terkaya dunia adalah Barcelona yang menempati posisi ketiga (US$3,55 miliar), lalu Mancester United di tempat kelima (US$3,32 miliar). Pernah menjadi klub terkaya dunia pada 2011 dan 2012, saat ini pendapatan MU semakin merosot.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional