Wartapost.com

Obama: Tahun 2030 Manusia Tinggal di Mars

  • Reporter:
  • Jumat, 14 Oktober 2016 | 08:13
  • / 12 Muharram 1438
  • Dibaca : 167 kali
Obama: Tahun 2030 Manusia Tinggal di Mars
Robot Curiosity NASA Sudah Menjelajah Permukaan Mars Selama 4 Tahun.

WARTAPOST.com – Barack Obama, Presiden Amerika Serikat menyebutkan sebuah janji untuk kembali melanjutkan proyek pengiriman manusia ke Mars pada Selasa (10/11). Obama mengatakan bahwa proyek itu ditargetkan akan terealisasi pada tahun 2030.

Untuk merealisasikan proyek Mars sebagai tempat tinggal manusia berikutnya, dilaporkan Reuters, Obama mengatakan perlu adanya peran aktif dari publik dan pihak swasta.

Dalam sebuah opininya, Presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat yang ingin memimpin proyek itu menulis,”Untuk membangun habitat baru yang berkelanjutan dan mengirim astronot dalam misi jangka panjang ke luar angkasa, kami akan bekerjasama dengan mitra swasta. Pentingnya misi ini adalah untuk mengetahui bagaimana manusia hidup jauh dari bumi, yang kemudian hal ini akan dibutuhkan saat kita melakukan perjalanan panjang ke Mars.”

Pendapat Obama ini muncul mendekati digelarnya pertemuan dirinya dengan sejumlah ilmuan, innovator, teknisi, pelajar dan pihak lain yang ingin merealisasikan proyek pengiriman manusia ke Mars, di Gedung Putih Pittsburgh, Amerika Serikat, pekan ini.

Dalam program pemerintahannya, Obama menyebutkan dalam pidato perdananya bahwa kemajuan ilmu pengetahuan memiliki posisi yang sangat penting.

“Tujuan yang jelas telah kami terapkan dalam perjalanan antariksa Amerika selanjutnya: mengirim manusia ke Mars pada 2030 dan membawa mereka dengan selamat kembali ke bumi. Dalam rentan waktu yang lebih panjang suatu hari nanti, kami memiliki ambisi untuk menetap disana.”

Saat ini komitmen untuk melanjutkan proyek pengiriman manusia ke Mars sedang ada di titik nadir sebab periode administrasi Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Obama akan selesai pada akhir Januari 2017. Sementara struktur kongres di bawah presiden baru juga akan sangat berpengruh dengan keberhasilan proyek ini, terutama dalam hal pendanaan.

Jarak Bumi dan Mars sejauh 56 juta kilometer membuat hingga saat ini belum ada satupun manusia yang bisa sampai di sana. Diperlukan waktu delapan bulan perjalan dari Bumi hingga Mars. Namun, dengan sejumlah kemajuan di dunia antariksa, impian manusia untuk berkunjung ke Mars semakin mungkin untuk terwujud.

Selama empat tahun, Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) telah menjelajah permukaan Mars melalui robot Curiosity. Tidak hanya AS, badan antariksa Eropa (ESA) dan Rusia (Roscosmos) juga tidak ketinggalan mengirimkan robot untuk menjelajah permukaan Mars. Robot itu bernama Schiaparelli yang diprediksi akan sampai di permukaan Mars 19 Oktober nanti.

Dari rentetan penelitian NASA di Mars, yang paling penting adalah penemuan alir mengalir.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Dalam proyek penjelajahan Mars, upaya Obama sering terkendala dengan kebijakan fiskal yang pada beberapa tahun belakangan menjadi prioritas administrasi AS.

 

Tidak hanya Obama, ambisi untuk melakukan eksploitasi Mars juga dikemukakan oleh perusahaan-perusahaan antariksa. Diantaranya yang sangat berambisi adalah perusahaan Elon Mask, CEO dan pendiri SpaceX, yaitu menciptakan sebuah koloni manusia di Mars.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional