Wartapost.com

6 Peluang Ini Cocok Buat Yang Baru Lulus Kuliah

  • Reporter:
  • Jumat, 14 Oktober 2016 | 09:34
  • / 12 Muharram 1438
  • Dibaca : 129 kali
6 Peluang Ini Cocok Buat Yang Baru Lulus Kuliah
Lulusan Sarjana Semakin Banyak, Peluang Pekerjaan Semakin Sempit.

Wartapost.com – Saat ini lulusan perguruan tinggi atau sarjana sudah semakin banyak di sisi lain peluang pekerjaan semakin sempit. Saat ini lulusan sarjana tidak menjamin pekerjaan di posisi tinggi. Bahkan tidak sedikit sarjana yang bekerja tidak sesuai dengan jurusannya.

Banyak hal yang mempengaruhi urusan pencarian pekerjaan bagi para sarjana muda selain persaingan antar sarjana juga kondisi ekonomi yang semakin tidak menentu.

Sembari mencari pekerjaan yang diinginkan bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya adalah dengan membukan lapangan usaha sendiri, tidak perlu besar untuk mengawalinya, yang pasti anda konsisten dan bekerja keras. Berikut beberapa peluang yang bisa anda jadikan pilihan jika anda seorang fresh graduate.

1. Jasa Penulisan Konten

Saat ini kehidupan sosial media dan internet semakin berkembang dan ramai. Hampir setiap orang sudah menggunakan internet menjadikan kehidupan selama 24 jam seolah tidak berhenti. Untuk itu, saat ini sangat bayak dibutuhkan individu-individu berbakat dalam penulisan konten atau desain grafis untuk mengeksplor keahlian mereka untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi untuk bisnis maupun kebutuhan sendiri. Tenaga freelance dalam bidang ini mengalami pertumbuhan sangat cepat. Jika anda hobi menulisa atau mendesai gambar, anda patut coba bisnis ini.

2. Bisnis Fashion/Clothing

Tidak bisa dipungkiri perkembangan busana atau fashion saat ini berkembang dan berubah sangat cepat. Mulai dari anak-anak hingga dewasa tidak bisa lepas dari kebutuhan fashion. Saat ini pakaian tidak hanya sesuatu yang menutupi badan melainkan sudah mencerminkan karakter sesorang. Untuk memulai bisnis ini, jika anda tidak bisa membuat pakaian model baru, anda bisa bekerjasama dengan penjahit untuk mengembangkan bisnis anda.

3. Konsultan Media Sosial

Dunia digital saat ini selalu berhubungan dengan sosial media. Salah satu tempat paling baik untuk memasatkan produk adalah melalui sosial media. Namun, sebagia besar pengusaha tidak memiliki waktu untuk mengurusi akun-akun media sosialnya. Jika anda biasa dan ahli dalam hal ini, anda bisa membatu UKM dalam mempromosikan produknya. Membuat strategi pemasaran, mengatur jadwal, dan membuat konten sesuai dengan target pasar kilen anda. Targetnya adalah meningkatkan penjualan dan menambah sebanyak-banyaknya follower.

4. Jasa Event Organizer (EO)

Anda orang yang aktif di organisasi, maka anda berpeluang untuk membuka bisnis EO. Anda bisa membantu klien anda dalam mengorganisir kerja dengan banyak orang, mengejar deadline, mencari sponsor, dan menyelesaikan hal-hal teknis lainnya. Apalagi jika anda sudah memiliki kenalan pengusaha tenda, meja kursi, sound system, dan perlengkapan event lainnya, anda bisa membuka usaha ini.

5. Kerajinan Tangan

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Anda bisa membuat kerajinan tangan? Suka merajut, atau menciptakan pernak-pernik lainya. Jika iya, maka anda berpeluang untuk memulai bisnis ini. Tidak perlu punya galeri atau toko sendiri jika dianggap memerlukan banyak biaya, anda bisa manfaat kan media sosial atau toko online untuk promosikan produk anda.

6. Servis Elektronik

 

Hampir semua orang saat ini telah menggunakan smartphone, hal ini menjadi peluang bagi anda yang suka utek-utek barang elektronik. Semakin banyak yang menggunakan gadget maka semakin banyak pula yang berpotensi rusak, oleh sebab itu mulailah bisnis ini jika anda merasa mampu membantu orang lain dengan keahlian anda. Simpel saja, pertama anda bisa tawarkan jasa anda kepada teman-teman kampus atau keluarga terdekat. Jika hasil dari jasa anda memuaskan maka tidak menunggu lama, order akan membludak.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional