Wartapost.com

Ahok Vs Sandiaga Uno, Siapa Terbaik Menurut Survey?

  • Reporter:
  • Minggu, 31 Juli 2016 | 07:45
  • / 25 Syawal 1437
  • Dibaca : 236 kali
Ahok Vs Sandiaga Uno, Siapa Terbaik Menurut Survey?

Beberapa hari lalu, Basuki Thahaja Purnama (Ahok) telah memutuskan untuk melaju Pilgub DKI Jakarta melaui jalur partai. Hal ini cukup mengejutkan setelah 1 juta lebih KTP warga Jakarta terkumpul untuk mendukungnya maju melalui jalur independet. Ahok maju ke pertarungan Jakarta Satu dengan dukungan partai NasDem, Hanura, dan Golkar.

Melihat hal itu, Gerindra pun tidak tinggal diam. Mereka justru memilih oposisi dengan mengusung Sandiaga Uno sebagai penantang Ahok. Sayangnya, untuk memenuhi persyaratan maju dalam Pilgub DKI, Gerindra harus menjalin koalisi dengan pasrtain lain untuk memnuhi syarat minimal 22 kursi. Saat ini Gerindra hanya memiliki 15 kursi di DKI Jakarta.

Jika dilihat dalam perkembangannya, Ahok memang lebih banyak diunggulkan oleh beberapa lembaga Survey. Namun, tidak boleh dilupakan, Prabowo Subianto, ketua umum Gerindra juga tengah menyiapkan banyak strategi untuk memenangkan Sandiaga Uno.

Berikut perbandingan data survey antara Ahok dan Sandiaga Uno di beberapa lembaga survey nasional.

1. Survey Indo Barometer

Menggunakan teknik multistage random sampling, Indo Barometer mendapatkan hasil yang cukup mengejutkan. Dalam survey yang dilakukan pada 15-21 Juli 2016, sebanyak 800 reponden berkontribusi dalam survey ini. Hasilnya, sebanyak 35 persen responden mendukung Ahok dan 2,0 persen mendukung Sandiaga Uno dalam Pilgub DKI Jakarta.

2. Survei Saiful Mujani  Research dan Consulting (SMRC)

SMRC dalam bulan Juni lalu melakukan survey dalam rangka siapa terbaik menjadi Gubernur DKI. Hasil survey SMRC masih menunjukkan Ahok sebagai yang paling diminati masyarakat. Ahok mendapatkan elektabilitas sebanyak 36,6 persen mengungguli beberapa pesaingnya, Yusril Ihza Mahendra (2,8%), Sandiaga Uno (2,1%), dan beberapa calon lain dibaah 1 %.

Sayangnya, survey yang dilakukan pada 24-29 Juni 2016 dengan 820 responden menggunakan metode multistage random sampling menunjukkan masih banyaknya warga DKI yang belum menyebutkan pilihannya yaitu 54,4 persen.

3. Survey Populi Center

Untuk mensimulasikan bagaimana pertarungan Ahok dengan lawannya dan bagaimana persepsi warga DKI untuk Pilgub mendatang, Populi Center melakukan survey terhadap 400 responden.

Menurut peneliti Populi Center, Nona Evita mengatakan survey yang dilakukan pada 15 Juni lalu menggunakan metode waancara di 6 wliayah DKI Jakarta. Hasil survey tersebut masih menempatkan Ahok pada posisi teratas dengan 59,2 %, Sedangkan pesaing terkuatnya, Tri Rismaharini mendapat suara 23,8 persen. Jika dibandingkan dengan Sandiaga Uno yang memiliki suara 19,2%, Ahok jelas lebih unggul dengan suara 60,8%.

4. Survey Manika Research and Consulting

Menjelang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Manika Research dan Consulting mengadakan survey prefensi politik terhadap masyarakat DKI.

Ahok masih menempati posisi teratas merunut hasil survey ini dengan 49,3%. Menyusul Ahok, ada Ridwan Kamail dengan 9,3%. Sedangkan Yusril Ihza Mahendra menempati posisi tiga dengan 6,8%. Satu nama yang cukup mengejutkan mencuat dalam survey ini. Ia adalah Da’i kenamaan, Yusuf Mansur yang mendapat 6,5 % di posisi keempat mengungguli Tri Rismaharini dengan 6%.

Manika juga membandingka kekuatan Ahok dengan beberapa penantangnya. Ahok unggul 58,3% melawan Sjafrie Sjamsoeddin dengan 14,0%. Melawan Djarot Saiful Hidayat yang memiliki 12, 5%, Ahok unggul 58,8%. Sementara melawan Tri Rismaharini, Ahok unggul 49,5% sedangkan Risma hanya 34,3%.

Sedangkan melawan Sandiaga Uno, Ahok helas lebih unggul 58,3% dan Sandiaga 17,0%.

Dari empat lembaga survey diatas, jelas Ahok lebih banyak dipilih masyarakat timbang Sandiaga Uno. Nampanya, Gerindra harus bekerja keras untuk dapat kalahkan Ahok di Pilgub Jakarta mendatang.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional