Wartapost.com

Kemuliaan Sopir Taksi Kembalikan Uang Rp6 Miliar Buat Kagum

  • Reporter:
  • Sabtu, 15 Oktober 2016 | 11:13
  • / 13 Muharram 1438
  • Dibaca : 106 kali
Kemuliaan Sopir Taksi Kembalikan Uang Rp6 Miliar Buat Kagum

Kisah inspiratif dari seorang Sopir taksi asal Pakistan yang memiliki hati yang baik, Naseebullah Sher Dola namnya usia 36 tahun, bermula ketika sedang bekerja ia menemukan tas berisi uang sebesar 1,7 juta dirham, setara Rp6 miliar. Alih-alih tergoda, Dola malah mengembalikan uang itu kepada pemiliknya, seorang pengusaha Korea Selatan.

Pagi ini, 20 September 2016, Dola hanya ingin bekerja lebih keras dan berusaha mengangkut penumpang sebanyak mungkin. Dia ingin meningkatkan target jumlah mengantar penumpang dalam sebulan.

Tetapi, hari itu ternyata bukan hari biasa bagi Dola. Dia menyadari pelanggan terakhir yang dia antarkan melupakan salah satu barang bawaannya, sebuah tas berisi barang berharga, dokumen.

Dan betapa kagetnya Dola saat mengetahui jika di dalam tas yang tertinggal itu terdapat uang Rp6 miliar.

Tak Berani Sentuh Uang

Penumpang tersebut adalah pengusaha Korea Selatan yang naik taksi Dola dari Bandara Internasional Sharjah, Uni Emirat Arab. Pengusaha itu minta diantar ke Gold Souq di Dubai. Yang ada di pikiran Dola hanya mengembalikan tas itu.

” Pengusaha itu mengambil dua bawaannya dari taksi dan memberi saya ongkos 10 dirham (setara Rp35.000),” kata Dola.

” Ketika saya kembali ke bandara, di mana saya akan mengantar lebih banyak penumpang, saya memeriksa mobil dan terpana menyadari penumpang itu melupakan tasnya di kursi belakang,” ucap dia.

” Tas itu berisi paspor dia, kartu kredit, pelbagai barang berharga lainnya, dan begitu banyak uang. Saya tahu apa yang saya lakukan adalah melaporkan kantor taksi di bandara,” kata Dola.

Pria yang berasal dari sebuah desa kecil di Peshawar, Pakistan, menerima upah sebesar 3.000 dirham, setara Rp10 juta. Penghasilan itu dia gunakan untuk menghidupi delapan anggota keluarganya.

Dola berkata kepada bagian pelaporan perusahaan taksi tentang barang temuannya. Petugas bagian pelaporan segera menghubungi polisi untuk membantu mereka melacak pengusaha itu dan mengembalikan tas tersebut.

” Sebagai Muslim taat, saya tidak bisa menyentuh atau mengambil uang itu untuk diri sendiri. Itu bukan milik saya, itu milik pelanggan saya dan sudah tugas saya mengembalikan uang itu. Dorongan itu muncul dari dalam hati saya sendiri. Jika itu adalah uang yang layak bagi saya, saya akan menyimpannya, meski saya harus bekerja sangat keras setiap hari untuk membiayai saudara saya, ibu, istri, dan tiga anak, saya tidak akan melakukannya,” ucap Dola.

Buka yang Pertama

Itu bukan pertama kalinya Dola mengembalikan uang pelanggan. Tahun lalu, Dola mengalami kejadian serupa.

” Tahun lalu, insiden serupa terjadi pada saya. Seorang warga Iran yang saya antarkan, juga dari bandara, meninggalkan tas berisi uang 65.000 dirham (setara Rp229 juta). Saya kembali ke kantor dan saya serahkan uang itu kepada pemiliknya,” ucap dia.

Dola mengatakan kejujurannya membawa banyak kebahagiaan bagi ibunya yang tengah sakit di Pakistan. Dia sempat diwawancarai stasiun televisi Pakistan karena tindakannya.

” Saya tidak dapat banyak uang, tapi saya mencoba yang terbaik membantu keluarga saya. Saya punya tiga anak, yang sulung berusia tujuh tahun dan yang bungsu masih berusia enam bulan. Saya membantu adik saya membayar uang kuliah hingga dia mulai bekerja dan juga mendukung keuangan kami.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


” Kami tinggal di rumah kecil yang diberikan ayah kepada saya, dan itu satu-satunya yang saya punya,” ucap dia.

Kejujuran Dola berbuah manis. Dia mendapat bonus sebanyak 4.000 dirham, setara Rp14 juta.

Bonus itu dia dapat dari Otoritas Transportasi dan Lalu Lintas Sharjah sebesar 2.500 dirham, setara Rp8,8 juta. Selain itu, pemilik tas juga memberinya bonus sebagai ucapan terima kasih sebesar 1.500 dirham, setara Rp5,3 juta.

” Saya yakin Tuhan punya imbalan lain yang telah disiapkan untuk saya. Jika saya menemukan lebih banyak lagi tas dengan uang, saya akan mengembalikan semuanya,” ucap Dola.

Sumber: Dream.co.id

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional