Wartapost.com

Lawan Ahok, 7 Partai Bentuk Koalisi Kekeluargaan

  • Reporter:
  • Senin, 8 Agustus 2016 | 19:09
  • / 4 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 189 kali
Lawan Ahok, 7 Partai Bentuk Koalisi Kekeluargaan
PDI Perjuangan, PAN, Partai Demokrat, PKB, PPP dan PKS membentuk 'Koalisi Kekeluargaan'

Wartapost.com – Persaingan perebutan kursi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 kian memanas. Hal terbukti pada hari ini (8/8) terjadi pembetukan koalisi guna maju menantang petahana Gubernur DKI Jakarta saat ini, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang diusung tiga partai; Golkar, NasDem dan Hanura. Tidak tanggung-tanggung, tujuh partai  ikut serta dalam koalisi yang dinamai ‘Koalisi Kekeluargaan’ ini.

Ketujuh Partai yang tergabung dalam Koalisi Kekeluargaan adalah PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, PKB dan PKS.Walupun terlihat gemuk, koalisi yang baru dideklarasikan hari ini belum menentukan siapa calon yang akan mereka usung. Pada hari pertama pertemuan itu, ketujuh partai tersebut baru sekedar membicarakan bagaimana kriteria sosok ideal pemimpin DKI Jakarta periode mendatang.

Pelaksana Tugas Ketua Dewan Pimpinan PDIP Jakarta, Bamabang Dwi Hartono mengatakan bahwa pada pertemuan itu mereka belum membicarakan nama per orang. Namun baru merumuskan seperti apa kriteria pemimpin DKI Jakarta yang akan diperjuangkan. Hal itu diungkapkannya pada Senin (8/8) saat melukan konferensi pers di Menteng, Jakarta Pusat.

Menurut Koalisi Kekeluargaan itu, terdapat tujuh kriteria yang harus dipenuhi oleh pemimpin kota Jakarta yaitu Arif, beradab, bijaksana, santun, beretika, bersih dan cerdas.

Koalisi ini memimilih menggunakan ketujuh kriteria itu guna menyambungkan berbagai perbedaan pendapat antar partai anggota koalisi. Hal senada pula diungkapkan oleh Ketua DPD Gerindra Jakarta, Muhammad Taufik.

Gerindra sebelumnya telah mengabarkan bahwa mereka telah siap mengusung pengusaha Sandiaga Uno untu menjadi salah satu calon. namun menurut Taufik, hal itu juga termasuk dalam agenda yang akan dibicarakan dalam pertemuan Koalisi Kekeluargaan berikutnya.

Kehadiran koalisi gemuk ini sudah dapat dipastikan untuk melawan kandidat terkuat, Ahok. Namun Ketua DPD Demokrat Jakarta, Nachrowi Ramli membantah hal tersebut. Menurutnya, mereka sudah memiliki taktik tersendiri untuk melawan Ahok dan tidak bisa dibocorkan sekarang.

Sedangkan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PAN Jakarta, Eko Hendro Purnomo alis Eko Patrio mengatakan bahwa koalisi ini akan berjalan solid dan tidak akan berubah seiring dengan semakin dekatnya Pilkada DKI Jakarta.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Menanggapi hal koalisi gemuk ini, partai pendukung Ahok pun mengaku tidak gentar. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPD Partai Golkar Jakarta, Fayakhun Andriandi. Menurutnya, para partai pendukung Ahok akan tetap solid dan tidak akan berputar haluan. Selain itu, untuk meyakinkan dukungan mereka, ketiga partai pendukung Ahok telah menyerahkan surat dukungan resmi kepada Ahok yang telah ditandatangani ketua umum dan sekretaris jendral.

Menurut Fayakhun, manuver politik dengan menentang ahok justru akan berdampak negatif pada elektabilitas partai. Hal serupa juga ditegaskan oleh Ketua DPP Partai Hanura, Dadang Rusdiana. Ia mengatakan bahwa hampir tidak mungkin ketiga partai ini untuk berbalik melawan Ahok. Tak hanya itu, Dewan Pakar NasDem, Tufiqul Hadi juga memprediksi ketiga partai pengusung ahok akan menang melawan Koalisi Kekeluargaan. Menurut Taufiqul Hadi, mendukung Ahok merupakan modal termurah untuk memenagkan pilkada. Hal ini ia katakan karena Ahok masih sangat diinginkan dan dipercaya oleh masyrakat Jakarta.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional