Wartapost.com

5 CARA INI AKAN PERCEPAT KINERJA SMARTPHONE ANDROID KAMU

  • Reporter:
  • Minggu, 16 Oktober 2016 | 07:26
  • / 14 Muharram 1438
  • Dibaca : 232 kali
5 CARA INI AKAN PERCEPAT KINERJA SMARTPHONE ANDROID KAMU

Setiap smartphone sekarang dilengkapi dengan sistem pengoprasian andorid, tapi kadang kita dibikin jengkel dengan lemotnya pengoprasian android di smartphone kita, dan merasa kinerja smartphone Android kamu semakin melambat setiap harinya. tapi tenang, karena kamu tidak sendirian.

Hadir sebagai sistem operasi yang mudah dikustomisasi, Android pasti akan mengalami kendala juga dengan seiring waktu penggunaan.

Untuk membantu kamu mengatasi sistem operasi Android yang makin melambat, kamu bisa mencoba tips yang tim Tekno Liputan6.com kutip dari laman Lifehacker, Selasa (4/10/2016).

Sebelum mencoba tips yang disajikan, ada baiknya kamu mengetahui kemampuan hardware smartphone yang kamu miliki. Tanpa panjang lebar, berikut adalah tips yang bisa kamu coba.

1. Perbarui OS Android

Pastikan kalau sistem operasi Android di smartphone kamu versi terbaru, ini dikarenakan pembaruan versi berarti banyak perbaikan bugs dan optimalisasi hardware lebih baik lagi.

Dengan pembaruan ini, smartphone kamu pun akan lebih stabil, lebih cepat dan perbaikan koneksi jaringan, dan manajemen RAM yang lebih baik dari versi sebelumnya.

011615600_1475400848-update-os-01

Sekadar informasi, Google saat ini sudah merilis OS Android terbaru yang bernama Nougat (Android 7.0) dan baru tersedia hanya untuk perangkat Nexus. Bagi kamu yang menggunakan perangkat selain Nexus, bisa update ke Android Marshmellow.

Hapus dan Nonaktifkan Aplikasi

009157600_1475400893-uninstal-app-02-1

2. Hapus Aplikasi Tak Terpakai

Perlu diingat, setiap aplikasi yang kamu instal pasti akan memakan ‘jatah’ ruang penyimpanan memori dan RAM yang tak kecil. Hal ini akan berdampak dengan performa smartphone yang semakin melambat.

Usahakan untuk meng-instal aplikasi yang diperlukan saja. Seperti yang sudah kamu ketahui, kebanyakan ponsel Android sudah terpasang aplikasi bawaan atau yang dikenal sebagai bloatware.

Bloatware tidak akan bisa kamu hapus atau uninstal dengan cara biasa, aplikasi bawaan ini hanya bisa dihapus bilamana ponsel Android kamu sudah di root.

3. Nonaktifkan Aplikasi yang Tak Perlu

Kebanyakan aplikasi yang kamu instal di ponsel akan tetap berjalan di background untuk melakukan proses sinkronisasi, menentukan lokasi via GPS, dan lainnya.

Tak hanya menguras baterai, proses ini juga membebankan kinerja RAM sehingga membuat ponsel kamu nge-lag.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya kamu menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan. Perlu diingat menonaktifkan aplikasi yang beroperasi berbeda dengan menghapus aplikasi.

Kamu dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan, dengan membuka menu Settings>Application>App manager. Pilih aplikasi dan tekan tombol Disable.

Jika ponsel kamu menggunakan OS Android Lollipop atau sebelumnya, kamu bisa menonaktifkan aplikasi dengan menekan tombol navigasi Recent Apps di ponsel kamu (tekan tombol home yang lama), kemudian geser ke kiri atau ke kanan untuk menutup aplikasi yang masih terbuka.

Jangan Pakai Wallpaper Bergerak

001883600_1475400939-update-apps-03

4. Pembaruan Aplikasi

Seperti pembaruan versi OS Android, kamu juga harus memperbarui aplikasi yang telah ter-instal di dalam ponsel secara berkala via Google Play Store.

Setiap update akan memperbaiki bugs, meningkatkan performa, dan menambahkan fitur baru. Dengan begini aplikasi akan terpasang di ponsel akan beroperasi dengan lebih baik dan cepat ketimbang aplikasi yang tidak di update.

5. Hindari Wallpaper Live dan Matikan Animasi

Agar terlihat lebih ciamik, banyak pengguna ponsel memilih gambar bergerak sebagai wallpaper. Ada baiknya untuk hindari untuk menggunakan wallpaper yang bergerak karena sangat mengonsumsi daya baterai lebih besar dan cepat.

Serupa dengan wallpaper yang bergerak, efek animasi juga sangat membebankan GPU dan RAM sehingga membuat ponsel lebih lambat.

Untuk mematikan animasi, kamu bisa mengaksesnya di Settings>Developer Options (tap Build Number beberapa kali, untuk memunculkan Developer Options)> Window Animation Scale> Animation scale OFF.

Setelah melakukan cara di atas, kamu tak akan melihat efek animasi saat mengunci ponsel. Kamu juga akan merasakan bagaimana performa smartphone kamu akan lebih baik dan terasa ringan saat digunakan.

Demikian beberapa cara untuk membantu mempercepat perangkat smartphone Android kamu, silakan mencobanya!

sumber: Liputan6.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional