Wartapost.com

Mendagri Yakin Pemilu 2019 Akan Lebih Adil dan Terbuka

  • Reporter:
  • Selasa, 9 Agustus 2016 | 11:11
  • / 5 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 90 kali
Mendagri Yakin Pemilu 2019 Akan Lebih Adil dan Terbuka
Mendagri Yakin Pemilu 2019 Akan Lebih Adil dan Terbuka

Wartapost.com, Tjahjo Kumolo selaku Menteri Dalam Negeri memberikan draft revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 terkait Pemilu kepada Presiden Jokowi.

 

Tjahjo yakin bila draft itu disetujui DPR dan Presiden, Pemilu 2019 serta pemilu-pemilu selanjutnya akan lebih baik lagi.

 

“Prinsipnya akan semakin transparan, akuntable dan efektif. Itu saja,” tutur Tjahjo seperti yang kami kutip dari laman Kompas.com, Selasa (9/8/2016).

 

Tjahjo juga menambahkan, setidaknya ada tiga draft revisi UU Pemilu yang ia serahkan ke Presiden. Presiden tinggal memilih mana yang akan dikirim ke DPR RI untuk dapat disetujui.

Menurut Tjahjo, yang membedakan antara draft revisi pertama hingga ketiga yaitu terletak pada sistem pemilunya, apakah terbuka, tertutup ataupun gabungan.

 

“Ada sembilan poin inti yang akan menjadi pembeda. Namun pada prinsipnya poin yang baik tak perlu dirubah lagi,” ungkap Tjahjo.

 

Tjahjo juga tak tahu kapan Presiden akan menggelar rapat terbatas guna membahas revisi UU Pemilu. Tapi ia berharap draft revisi UU Pemilu sudah dikirim ke DPR pada bulan September 2016 nanti.

 

Bila draft UU Pemilu dikirimkan paling lambat bulan tersebut, Tjahjo mengungkapkan butuh waktu dua bulan untuk bisa mengulasnya di DPR.

 

“Bila September pemerintah mengirimkannya ke DPR, masih ada waktu bulan Oktober, November dan Desember, UU Pemilu dapat selesai,” tutup Tjahjo.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional