Wartapost.com

Untung Ratusan Juta, Dua UKM Ini Sukses Jualan Lewat Lazada

  • Reporter:
  • Selasa, 9 Agustus 2016 | 11:45
  • / 5 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 201 kali
Untung Ratusan Juta, Dua UKM Ini Sukses Jualan Lewat Lazada
Online Shopping

Wartapost.com – Saat ini Internet menjadi salah satu meda penjualan yang paling efektif. Hal ini membuat sejumlah pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memasarkan produknya lewat internet salah satunya melalui e-commerence. Walaupun tidak memiliki tempat atau toko khusus untuk memasarkan produk, melalui e-commerence, pengusaha pun dapat meraup untung hingga ratusan juta rupiah per bulan.

Sudah banyak yang membuktikan peluang berjualan online. Salah satunya adalah yang dialami oleh dua mitra UKM Lazada Indonesia, mereka adalah Indo Camera Bag dari Surabaya dan Otten Coffe dari Medan. Keduanya sukses hingga meraih untung ratusan juta melalui jualan online.

Yang pertama adalah Indo Camera Bag yang dimiliki oleh Ihsanudin Fanani. Ihsan, sapaannya, memulai bisnis ini dengan berjualan kamera online. Namun, sejak tahun 2014, ia memutuskan untuk menjadi reseller di Lazada. Ia mulai memasarkan produk-produk seperti sepatu, tas dan beberapa produk hasil industri rumahan. Saat ini sudah ada 14 industri rumahan yang ia ajak kerjasama.

Ihsan mengaku dapat mengatur dan mengelola stok barang serta orderan dengan mudah menggunakan Seller Center Lazada. Ia bahkan pernah medapatkan pesanan sepatu hingga 1.500 dalam satu hari.

Walaupun Ihsan tetap menggunakan marketplace lain dalam menjalankan bisnisya. Ia tetap akan lebih focus pada Lazada karena disini ia mendapat paling banyak pesanan.

Pelan namun pasti, Ihsan dapat mengembangkan bisnisnya dengan baik. Ihsan mengaku dapat menghasilkan omset hingga ratusan juta rupiah dalam sebulannya.

Tidak kalah sukses, UKM kedua adalah Otten Coffe dari Medan. Menurut Bussiness Development Otten Coffe, Bernice Syaiful. Sejak tahun 2014 bergabung dengan Lazada, bisnis jualan produk kopinya laku keras di pasaran.

Sampai saat ini ia mengaku bisnis yang ia jalankan bersama Lazada cukup memberikan kontribusi yang besar dan mampu menghasilkan untung hingga Rp 100 juta.

Meskipun bisnisnya juga menggunakan ­e-commerence lain, mereka tetap focus di Lazada. Karena disanalah mereka medapatkan kontribusi terbesarnya. Mereka yang awalnya hanya berjualan produk kopi pun saat ini mulai merambah ke berbagai alat pengolahan kopi seperti grinder kopi atau peralatan barista.

Bernice menjelaskan sejak bergabung dengan Lazada, bisnis mereka telah mendapat kenaikan penjualan sebesar 10-15 persen. Sekarang bisnisnya sudah menjadi lebih besar karena tidak hanya menjual kopi saja melainkan juga perlengkapan-perlengkapan yang berhubungan dengan kopi.

 

Cerita sukses dua UKM diatas seharusnya dapat ditiru oleh UKM lain sehingga dapat menaikan nilai bisnis mereka. Hal ini cukup menjanjikan pasalnya saat ini semua orang sudah terhubung ke internet lewat smartphone. Orang pun akan dapat lebih mudah berbelanja lewat smartphone mereka dibandingkan dengan langsung pergi ke supermarket. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional