Wartapost.com

Tahukah Anda? DJ ‘Disk Jockey’ Sudah Ada Sejak Hampir Seabad Yang Lalu

  • Reporter:
  • Selasa, 9 Agustus 2016 | 17:19
  • / 5 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 185 kali
Tahukah Anda? DJ ‘Disk Jockey’ Sudah Ada Sejak Hampir Seabad Yang Lalu
DJ 'Disk Jockey' masa sekarang

Wartapost.com – Salah satu profesi yang sedang digemari saat ini adalah DJ atau ‘Disk Jockey’.  DJ adalah seorang yang ahli dalam memilih dan memainkan rekaman musik atau suara yang telah direkam sebelumnya dan pada umunya media rekaman yang digunakan adalah media diska atau cakram. DJ biasanya diundang dalam berbagai event untuk menghadirkan EDM (electronic dance music). Namun, sejak kapankah istilah DJ dikenal? Berikut sejarah singkat DJ internasional.

1. Masa 1920-an hingga 1960-an

Istilah DJ muncul pada masa ini untuk pertama kalinya. Pada tahun-tahun ini, istilah DJ bukanlah orang yang memainkan musik tetapi lebih kepada orang yang memutarkan lagu di radio. Saat itu, kebanyakan penyiar radio disebut DJ karena ia yang berkuasa sekaligus bertugas untuk memutar musik.

DJ yang paling terkenal pada masa itu adalah Christopher Stone. Selai ia, ada beberapa nama lagi yang dikenal sebagai DJ, mereka adalah John Peel dan Casey Kasem.

2. Masa 1970-an

Perubahan tugas mulai beruba pada masa ini. Penyiar radio yang mulanya bertugas untuk memutar musik berubah menjadi pencipta yang memainkan musik dengan alat dan piringan hitam. Dari era inilah profesi DJ mulai digemari dan berkembang.

DJ terkenal pada tahun ini adalah Giorgio Moroder. Ia dianggap sebagai DJ yang sesungguhnya dan didaulat sebagai DJ yang pertama. Menggunakan turn table dengan piringan hitam , Moroder berhasil menciptakan musik elektrik pertama di dunia dengan lagu berjudul “I Feel Love”.

3. Masa 1980-an hingga 1990-an

Sepuluh tahun pada masa ini, profesi DJ menghasilkan istilah musik baru yaitu house music. House music atau yang sering disebut dengan musik disko menjadi salah satu genre yang Berjaya pada masa ini.

Pada masa ini, turn table yang terlihat rumit telah dirubah menjadi lebih sederhana namun tetap menggunakan piringan hitam. DJ paling terkenal pada masa ini adalah Derrick Larry dan Larry Heard.

4. Masa 2000-an

Pada masa yang disebut sebagai Milenium ini, segala hal mengenai DJ secara derastis berubah. Alat yang digunakan jelas lebih simple namun beberapa masih menggunakan piringan hitam.

Dari segi produksi musik jelas lebih fresh. Salah satu penanda masa ini adalah dikenalnya musik trance, musik yang hentakan bass-nya sangat terasa dan lebih cepat, dilengkapi dengan beberapa suara instrument lain seperti perkusi dan terompet.  DJ yang paling dikenal pada masa ini adalah Tiesto dan Paul Oakenfold.

5. Masa 2010 sampai sekarang

Inilah masa dimana EDM (electronic dance music) menjadi raja di industry musik dunia. Jenis musik pun telah banyak berkembang dan bervariasi. Beberapa jenis musik yang dikenal adalah dubstep,trap, techno, dan tech house). Sedangkan alat yang digunakan pun semakin kecil, tidak ada lagi turn table dan piringan hitam.

 

DJ yang masih sering tampil dan sedang happening saat ini adalah Jack U, Galantis, Major Lazer, Martin Garrix dan yang paling baru adalah Kygo.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional