Wartapost.com

KoinWorks Pertemukan Pelaku UKM Dengan Investor

  • Reporter:
  • Selasa, 9 Agustus 2016 | 17:59
  • / 5 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 147 kali
KoinWorks Pertemukan Pelaku UKM Dengan Investor
Benedicto Haryono, Co-Founder KoinWorks.com

Wartapost.com – Berkembang pesatnya Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia kadang terkendala dengan sumber dana. Susahnya para pelaku UKM mendapat bantuan investasi menjadi alasan utama didirikannya platform online KoinWorks.com. Berdirinya platform ini bertujuan untuk mempertemukan para pengusaha dengan para investor secara online.

Benedicto Haryono, salah satu pendiri KoinWorks mengatakan, platform online yang ia buat akan menjadi wadah bertemunya UKM dengan investor atau pemodal.  Ia juga menambahkan bahwa platform ini baru diluncurkan sejak Maret tahun ini. Seluruh proses yang dibutuhkan dilakukan secara online.

Untuk mendaftar dan mendapat pinjaman modal dalam KoinWorks sebanrnya tidak sulit. UKM tinggal mengunjungi situs KoinWorks.com lalu mengisi formulir pendaftarannya secara online. Benedicto juga menjelaskan bahwa para pelaku UKM yang mengajukan pinjaman modal harus melalui dua tahap yaitu pre-approval dan final approval.

Tahap pre-approval adalah tahap dimana para pengusaha melakuakn pendaftara secara online. Mereka harus mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan seperti alamat kantor, nomor telepon, hingga diskripsi bisnis atau produk apa yang dijual.

“Mereka perlu memasukkan informasi mengenai penjualan sehari-hari yang mereka lakukan seperti apa, dan jangan lupa untuk mengunggah KTP pemain UKM-nya” tambah Benedicto.

Setelah semua informasi yang dibutuhkan dilengkapi, kemudian tinggal menunggu tahap selanjutnya yaitu final-approval. Disini para investor akan melihat ada atau tidaknya potensi yang bagus dari usaha-usaha yang telah mendaftar.

Setelah semuanya disetujui oleh investor, para pelaku UKM yang mendaftar baru bisa mengunggah dokumen legal dan nomor rekening. Dengan proses seperti ini, maka pendaftar akan dapat lebih mudah untuk untuk mendapat bantuan modal. Bahkan tidak ada persyaratan harus menggunakan kartu kredit dan sebagainya.

Sampai saat ini telah terdaftar 30 UKM yang lolos tahap final-approval dan berhak mendapat bantuan dari investor melalui KoinWorks. Nilai investasi yang telah disiapkan pun sudah mencapai Rp 3 miliar.

Sejauh ini, wilayah operasional KoinWorks memang masih di sekitar Jabodetabek. Namun, permintaan dari pelaku UKM dari luar daerah justru terus membludak. Sebelumnya juga sudah diberitahukan bahwa wilyaha operasionalnya bari di Jabodetabek, namun pelaku UKM luar daerah tetap banyak yang submit aplikasi.

 

Untuk itu, KoinWorks tetap terus berusaha untuk mengembangkan platform ini lebih luas. Benedicto berharap di tahun 2017 nanti, KoinWorks dapat memperlebar jangkauannya di luar Jabodetabek.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional