Wartapost.com

Risma Maju Pilkada DKI, Bagaimana Dengan Masyarakat Surabaya?

  • Reporter:
  • Rabu, 10 Agustus 2016 | 06:55
  • / 6 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 144 kali
Risma Maju Pilkada DKI, Bagaimana Dengan Masyarakat Surabaya?
Aksi Menolak Risma Ke Jakarta di Depan Balai Kota Surabaya (9/8/2016)

Wartapost.com – Tri Rismaharini, Walikota Surabaya memang belum memastikan diri akan mendaftar sebagai cagub pada Pilkada DKI 2017 nanti. Bahkan ia dianggap sebagai kandidat terkuat penantang petahana Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Terlepas dari pencalonan dan hubungan dengan Pilkada DKI Jakarta, bagaimana dengan nasib warga Surabaya yang sangat mencintai walikotanya itu? Sebagian mungkin mendukung, tapi sebagian besar masyarakat Surabaya nampaknya berat untuk ditinggalkan Risma.

Hal tersebut tergambar dari wajah para ‘arek Suroboyo’ yang mendatangi Balai Kota Surabaya Selasa (9/8/2016) kemarin. Mereka berharap agar wacana atau issue yang menganggap Tri Rismaharini akan maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 tidak didengunkan lagi.  Salah satu aktivis Aliansi Perempuan Surabaya, Eciek  yang menggelar aksi menolak Risma ke Jakarta (9/8/2016), menganggap bahwa Risma telah menandatangani kontrak selama 5 tahun kepada warga Surabaya, jika terdapat salah satu programnya dianggap lebih baik maka bawa saja programnya dan bukan orangnya.

Kehadiran masyarakat Surabaya di depan gedung Balai Kota Surabaya tidak lain adalah untuk menolak kepergian Risma ke Jakarta. Mereka bersikeras akan melakukan berbagai cara untuk mempertahankan Risma di Surabaya. Hal itu mereka lakukan salah satunya karena mereka ingin Risma menyelesaikan tanggung jawab yang diembannya di Surabaya. Di sisi lain mereka pun menyadari bahwa Risma memang pemimpin yang baik sehingga layak memimpin Jakarta.

Pada aksi itu, massa bergerak dari kantor Pusura, depan DPRD Surabaya menuju Balai Kota Surabaya. Dalam aksi tersebut, massa menyusuri jalan raya sambil meneriakkan yel-yel ‘Hidup Bu Risma’. Selain itu, beberapa massa juga terlihat membawa poster yang bertuliskan “Bu Risma Inspirasi Perempuan Kota Surabaya” dan “Bu Risma Milik Arek Suroboyo”.

Massa aksi itu terdiri dari masyarakat umum dan beberapa komunitas. Selain Aliansi Perempuan Surabaya, beberapa komunitas yang turut serta dalam aksi ini adalah komunitas pecinta lingkungan, Pemuda Surabaya dan Aliansi Wong Lawas Surabaya. Salah satu ancaman dari mereka dalam aksi itu adalah akan meduduki kediaman Risma jika ia benar berangkat ke Pilkada DKI Jakarta. Ancama tersebut dikatakan Yanto, salah satu peserta aksi yang tengah melakukan orasi, “Kami akan duduki kediaman Bur Risma jika jadi ke Jakarta.”

Warga Surabaya Dukung Risma ke Jakarta?

Walaupun begitu, tetap ada juga warga Surabaya yang menyatakan dukungannya terhadap pencalonan Risma dalam Pilkada DKI Jakarta. Mereka yang mengaku berasal dari Surabaya itu, pekan lalu mendatangi kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarniputri di Jalan Teuku Umar, Menteng.

Tidak tanggung-tanggung, mereka datang  menggunakan bus pariwisata sekitar pukul 16.30WIB. Kedatangan mereka yang mengaku Aliansi Pemuda Surabaya itu ke kediaman Megawati tidak lain adalah untuk menyerahkan surat agar PDI Perjungan bersedia mengusung Risma dalam Pilkada DKI Jakarta nanti. Sayangnya, Megawati yang ingin ditemui sedang tidak ada di rumah.

Salah satu dari mereka, Imam mengatakan jika mereka berangkat dari Surabaya pada Sabtu (6/8/2016). Keberangkatan mereka ke Jakarta dilakukan setelah melakukan berbagai dialog dengan beberapa komunitas baik di Surabaya maupun Jakarta mengenai perlu tidaknya Risma dalam mencalonkan diri pada Pilkada DKI Jakarta nanti.

Risma sendiri belum memutuskan apakah ia akan maju atau tidak. Ketika ditanya mengenai pro-kontra ini, ia mengatakan, “Ya, lihat saja nanti.”

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Saat ini pendaftaran calon dari partai politik Pilkada DKI Jakarta 2017 sudah semakin dekat. Namun yang baru memastikan diri untuk maju adalah Ahok. Sedangkan saat ini sudah ada tujuh partai yang berkoalisi namun belum menentukan akan mengusung siapa. Memang benar kata Risma, kita lihat saja bagaimana nantinya.

 

 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional