Wartapost.com

Ditemukan, Kapal Selam yang Ditenggelamkan ‘Monster Laut’

  • Reporter:
  • Jumat, 21 Oktober 2016 | 03:18
  • / 19 Muharram 1438
  • Dibaca : 179 kali
Ditemukan, Kapal Selam yang Ditenggelamkan ‘Monster Laut’

Mitos mengenai monster laut yang kerap menggangu para nelayan dan sampai menenggelamkan kapal keberadaanya mulai terkuak. Sebuah kapal selam Jerman dari masa Perang Dunia I disebut-sebut ditenggelamkan oleh monster. Baru-baru ini, bangkai kapal selam tersebut ditemukan di dasar laut, lepas pantai Skotlandia.

Citra sonar yang ada menunjukkan bahwa bangkai kapal berusia sekitar 100 tahun itu masih lumayan utuh. Temuan itu mengusik kembali kisah hikayat kelautan tentang nasib kapal selam.

Dikutip dari CNN pada Kamis (20/10/2016), para pakar menduga temuan itu adalah bangkai kapal selam UB-85 yang terkenal karena legenda selama ini disebut tenggelam akibat serangan monster laut.

Menurut hikayat lama itu, Kapten Gunther Krech, mengatakan bahwa kapal selam sedang menjelajah di permukaan laut untuk keperluan mengisi baterai, ketika didatangi “makhluk aneh” yang muncul dari dalam laut.

Menurut komandan kapal selam tersebut, makhluk yang dimaksud memiliki “mata yang besar pada tengkorak yang bertanduk”.

Menurut pernyataan Scottish Energy News, Krech menjelaskan bahwa makhluk itu memiliki kepala yang kecil, tapi “gigi-giginya terlihat mengilap di bawah cahaya bulan.”

Sebagai catatan, para awak Scottish Power menemukan bangkai kapal selam itu ketika sedang melakukan survei landas laut untuk keperluan peletakkan kabel laut baru.

Menurut cerita di masa lalu, ukuran makhluk itu luar biasa besarnya sehingga U-boat itu oleng dan para awaknya harus menembaki monster itu hingga kembali masuk ke dalam laut.

Kapten mengatakan bahwa dek depan kapal sudah sangat rusak, sehingga kapal selam itu tidak bisa lagi menyelam.

056629500_1476939476-_3__british_ship_hms_coreopsis_scuttled_the_u-boat_after_discovering_it_on_the_surface__thesun_co_uk_

Tapi, pihak militer Inggris memiliki pandangan yang sedikit berbeda.

Laporan-laporan resmi menengarai bahwa ketika UB-85 naik ke permukaan pada 30 April 1918, kapal itu dipergoki dan dihancurkan oleh kapal patroli HMS Coreopsis milik Inggris.

Sejarah U-boat

Laura Clouting, ahli sejarah di Imperial War Museum, mengatakan kepada CNN bahwa kapal selam jenis tersebut ditugaskan untuk merusak perdagangan dengan cara menyasar kapal-kapal laut pengangkut barang impor ke Inggris.

“Serangan-serangan kapal selam sangat efektif dan memusnahkan jutaan ton barang yang sedang menuju Inggris,” katanya. “Hal itu merupakan strategi jangka panjang.”

Karena Inggris merupakan sebuah pulau, impor dari seluruh dunia penting untuk kebutuhan penduduknya. Ia juga mengatakan bahwa strategi U-boat dianggap kontroversial, sehingga banyak sekutu Inggris yang geram.

“Amerika marah karena U-boat tidak sungkan membidik pelayaran penumpang dan bukan hanya sasaran militer.

075772900_1476939438-_1__ub-85__ibtimes_co_uk_by_scottish_power_

Para peneliti belum bisa memastikan bahwa bangkai kapal yang ditemukan di lepas pantai Skotlandia adalah UB-85 yang misterius. (Sumber Scottish Power)

Philip Robertson dari Historic Scotland menjelaskan kepada CNN bahwa Angkatan Laut Kerajaan (Royal Navy) kemudian menugaskan konvoi mengawal dan melindungi kapal-kapal pembawa barang-barang impor.

Dengan demikian, lebih sulit bagi U-boat untuk mengenali kapal mana yang sebenarnya membawa barang-barang impor. Menurut Robertson, “Hal itu sangat berpengaruh dan mengakibatkan turunnya serangan Jerman pada pelayaran sekutu.”

Misteri Belum Terjawab

Para peneliti belum bisa memastikan bahwa bangkai kapal yang ditemukan di lepas pantai Skotlandia adalah UB-85 yang misterius. Tapi seorang ahli sejarah dan arkeologi kelautan bernama Innes McCartney berpendapat, bahwa mereka selangkah lebih maju untuk membongkar misteri kapal tersebut.

McCartney membenarkan bahwa temuan itu adalah kapal selam kelas UBIII yang mencakup dua kapal, yakni UB-85 yang terkenal dan satu lagi, UB-82.

“Saya bisa memastikan bahwa bangkai ini adalah salah satunya, tapi secara praktis sulit dibedakan, kecuali pada nomor yang dituliskan selama dinas yang jelas sudah luruh,” katanya dalam pernyataan oleh Scottish Energy News.

“Kecuali kalau ada penyelam dapat menemukan stempel dari galangan kapal, kita tidak bisa memastikan, tapi lebih dekat lagi kepada pemecahan misteri UB-85 dan penyebab tenggelamnya — entah karena kegagalan mekanis ataupun sesuatu yang lebih sulit dijelaskan.”

Namun demikian, Gary Campbell, aktivis Official Sightings Register of the Loch Ness Monster berpendapat bahwa “mungkin sekali ada makhluk laut berukuran besar merusak kapal selam itu” dan “kawasan tempat diserangnya kapal itu memiliki sejarah penampakan monster laut.”

045026700_1476939514-_4__nintchdbpict000275866210__thesun_co_uk_

sumber: Liputan6.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional