Wartapost.com

Filter Snapchat Ini Dikritik Karna Rasis

  • Reporter:
  • Kamis, 11 Agustus 2016 | 12:03
  • / 7 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 144 kali
Filter Snapchat Ini Dikritik Karna Rasis
Filter Snapchat Ini Dikritik Karna Rasis

Wartapost.com – Filter wajah baru Snapchat lagi-lagi mengundang kontroversi. Ribuan pengguna aplikasi itu pun menganggap kalau filter itu merupakan karikatur rasis yang menghina orang Asia Timur.

 

Filter yang disebut  yellowface oleh beberapa orng ini mampu memberikan efek wajah berkerut serta mata yang sipit.

 

Menurut BBC, pihak Snapchat kini telah menghapus filter itu secara permanen. Walaupun filteri tu tela hdihapus, beberapa pengguna Snapchat tampak belum puas dan mereka menggunakan media sosial untuk meminta Snapchat berhenti mempromosikan stereotype orang Asia itu.

 

“Tolong hentikan. Filter Yellow Face ini sama sekali tidak bermanfaat,” ujar Latrice Butts di akun twitternya sambil mengunggah foto dari filter itu.

 

Beberapa pengguna juga sempat membandingkan filter itu dengan calon presiden AS, Donald Trump.

 

“Unsur rasis jelas terasa di filter ‘Yellow Face’. Snapchat pasti pendukung Donald Trump,” ungkap salah satu pengguna Snapchat asal California, Mike Udem.

 

Aplikasi media sosial yang cukup populer ini sebelumnya juga sempat menuai kontroversi. beberapa filter Snapchat pun dikritik oleh para penggunanya. Filter “Pretty” contohnya, yang mampu mencerahkanw arna kulit pun sempat dikritik. Filter “bob Marley” yang dibenamkan dalam fitur animasi rambut gimbal serta sebuah topi pun ikutan dikritik karna dianggap mempromosikan “blackface”.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional