Wartapost.com

Mulai Sekarang Makan Nasi Dingin Saja, Soalnya…

  • Reporter:
  • Selasa, 25 Oktober 2016 | 04:13
  • / 23 Muharram 1438
  • Dibaca : 102 kali
Mulai Sekarang Makan Nasi Dingin Saja, Soalnya…

Makanan terasa lezat dan nikmat ketika makan itu masih hangat dan masih segar sehingga dapat menambah selera makan, apalagi kalau dimakan dalam keadaan lapar, wah rasanya pasti tambah nikmat. Akan tetapi perlu kalian ketahui bahwa ternyata nasi yang lebih bagus dan baik untuk kesehatan itu justru nasi yang sudah dingin, bukan nasi hangat apalagi nasi panas.

Ada alasan sendiri kenapa nasi dingin lebih baik dari nasi hangat. Seperti yang dilansir oleh smithsonianmag.com, Michelle Roberts selaku editor kesehatan di BBC News memaparkan kalau pati dalam nasi akan dipecah menjadi gula sederhana oleh tubuh kita. Molekul gula sederhana itu kemudian ditumpuk dan diubah jadi glukosa yang memberi kita energi. Cuma masalahnya kalau tubuh kelebihan glukosa, maka bisa menumpuk jadi lemak.

Nasi punya dua jenis pati, yang mudah dicerna dan sukar dicerna. Dan hanya jenis karbohidrat yang bisa diserap oleh tubuh yang bisa dipecah jadi gula.

Tim peneliti kemudian mencari cara agar jenis pati yang sukar dicerna ini rendah kalori. Caranya adalah dengan menambahkan minyak kelapa dan mengonsumsi nasinya dalam keadaan dingin. Saat memasak nasi, tambahkan sedikit minyak sayur. Fungsi minyak kelapa ini adalah untuk mengubah struktur pati yang tadinya sulit dipecah jadi lebih mudah dicerna.

Setelah dimasak, dinginkan dulu nasinya. Nasi yang dingin kandungan karbohidratnya lebih sedikit. Sehingga saat kita mengonsumsinya, glukosa yang masuk dalam tubuh akan lebih sedikit pula. Para penderita diabetes pun lebih disarankan untuk mengonsumsi nasi dingin daripada nasi hangat atau nasi .

sumber: Postshare.co.id

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional