Wartapost.com

Dominasi Festival Film Bandung 2016, “Rudy Habibie” Raih 8 Nominasi

  • Reporter:
  • Kamis, 11 Agustus 2016 | 18:10
  • / 7 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 391 kali
Dominasi Festival Film Bandung 2016, “Rudy Habibie” Raih 8 Nominasi
Film Rudy Habibie (Habibie Ainun 2)

Wartapost.com – Film autobiografi yang menceritakan masa muda Preside RI ke-3, “Rudi Habibie”  mendapatkan banyak pujian dari banyak pihak. Film garapan terbaru sutradara Hanung Bramanto berhasil meraih delapan nominasi dari 11 nominasi yang dilombakan dalam Festival Film Bandung ke-29 Tahun 2016.

Berita ini diumumkan oleh Forum Film Bandung pada Rabu, 10 Agustus 2016 di Museum Sribaduga Kota Bandung.

“Rudy Habibie” yang dibintangi actor berbakat Indonesia, Reza Rahardian dan Chelsea Islan mendapatkan delapan nominasi yang terdiri dari Katagori Film Terpuji, Pemeran Utama Pria Terpuji (untuk Reza Rahardian), Pemeran Utama Wanita Terpuji (untuk Chelsea Islan), Pemeran Pembantu Wanita Terpuji (untuk Indah Permatasari), Sutradara Terpuji (untuk Hanung Bramantyo), Penulis Sekenario Terpuji (untuk Giantri S Noer dan Hanung Bramantyo), Penata Kamera Terpuji (Ipung Rahmat Syaiful) dan Penata Artistik Terpuji (untuk Fauzi).

Selain “Rudy Habibie”, pada ajang Festival Film Bandung 2016, film kedua yang mendapat banyak nominasi adalah film karya sutradara kenamaan Garin Nugroho yang berjudul “Aach..Aku Jatuh Cinta”.

Untuk film garapan Garin Nugroho kali ini, ia mendapat tujuh nominasi, beda satu nominasi dengan “Rudy Habibie”. Ketujuh nominasi pada film “Aach..Aku Jatuh Cinta” terdiri dari Pemeran Utama Pria Terpuji (untuk Chicco Jerikho), Pemeran Utama Wanita Terpuji (untuk Pevita Pearce), Pemeran Pembantu Wanita Terpuji (Nova Eliza), Penata Kamera Terpujia (untuk Batara G Siagian), Penata Artistik Terpuji (untuk Allan Sebastian) dan Penata Musik Terpuji (untuk Charlie Meliala).

Selama kurun waktu Agustus 2015 hingga Juli 2016 atau kurang lebih satu tahun, pihak Forum Film Bandung telah mengapresiasi 115 judul film nasional yang ditayangkan di bioskop kota Bandung. Hal ini disampaikan  oleh ketua FFB periode 2014-2017, Chand Parwez Servia.

FFB menurut Chand, telah mengamati sebanyak 58% dari seluruh jumlah film yang tayang di bioskop kota Bandung untuk diperhatikan secara detail selama satu tahun terakhir. Ia mengatakan, “Dari 58 persen film yang layak diperhatikan, hanya 25 persen dari 115 judul film yang tayang di Bandung atau berjumlah 30 judul film yang tersaring. Dari 30 film itu kemudian disaring lagi menjadi 15 judul film yang masuk daftar nominasi Film Terpuji beserta judul film lain yang hanya dinominasikan unsur-unsurnya (narafilm).”

Chand juga mengatakan bahwa dalam ajang FFB 2016, untuk sistem penilaiannya mereka telah melibatkan banyak kalangan penikmat film seperti generasi muda yang aktif di komunitas film di Bandung, blogger, dan penonton aktif.

Sedangkan untuk pengumuman pemenang nominasi akan dilaksanakan pada malam puncak Festival Film Bandung (FFB) 2016 yang akan dilaksanakan pada 24 September 2016 di Kota Bandung. Malam puncak itu juga akan ditayangkan di salah satu stasiun televise swasta nasional.

“Rudy Habibie” merupakan film skuel kedua dari “Habibie Ainun” produksi MD Pictures, yang merupakan film tersukses di tahun 2012. Film ini mengisahkan masa muda Rudy Habibie (panggilan masa muda B.J Habibie, Presiden Ketiga RI) dengan segala ambisi dan lika liku kisah cintanya. Kisah ini mengambil masa beberapa decade sebelum dari cerita Habibie Ainun. Di film ini, Rudy (Reza Rahardian) bertemu dengan cinta pertamanya Ilona (Chelsea Islan) ketika sedang menjalani masa studynya di Jerman.

 

 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional