Wartapost.com

Gara-gara Luka di Kaki, Bakteri Pemakan Daging Masuk Gerogoti Tubuh Pria Ini

  • Reporter:
  • Rabu, 26 Oktober 2016 | 02:07
  • / 24 Muharram 1438
  • Dibaca : 321 kali
Gara-gara Luka di Kaki, Bakteri Pemakan Daging Masuk Gerogoti Tubuh Pria Ini

Berniat untuk berlibur di pantai seketika menjadi musibah bagi Michael Funk (67) dari Maryland, Amerika Serikat (AS), berawal dari luka kecil di kakinya dan akhirnya harus kehilangan nyawanya karena ada bakteri pemakan daging bernama Vibrio vulnificus diam-diam menginfeksi luka.

Dilaporkan oleh Nature World News, setelah kembali dari pantai pada tanggal 11 September, Michael mengalami rasa sakit luar biasa di kaki dan muntah-muntah. Oleh sang istri ia pun dilarikan ke rumah sakit di mana dokter mengangkat kulit yang terinfeksi dan kemudian mengamputasi kakinya dalam upaya mencegah agar infeksi tak menyebar.

Namun sayang bakteri sudah masuk ke dalam aliran darah menyebar dengan cepat. Hanya dalam waktu empat hari setelah terinfeksi Michael akhirnya meninggal dunia.

Menurut Lembaga Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) bakteri V. vulnificus sendiri umum ditemukan di perairan laut hangat. Orang-orang bisa terinfeksi lewat dua cara yaitu mengkonsumsi makanan laut yang terkontaminasi atau lewat luka yang terpapar air laut seperti pada kasus Michael.

Seseorang yang mengonsumsi makanan terkontaminasi V. vulnificus dapat terkena gejala diare, kram perut, mual, muntah, dan demam. Sementara itu orang yang terinfeksi lewat luka dapat alami sepsis parah di mana tekanan darah tubuh dapat menurun drastis berujung pada kegagalan berbagai organ dan kematian.

Meski terdengar menyeramkan menurut CDC sangat jarang sebetulnya V. vulnificus dapat menyebabkan kasus serius. Dari 80 ribu orang di Amerika Serikat yang sakit karena bakteri tersebut tiap tahun, hanya sekitar 100 orang meninggal karena infeksi.

Mengapa beberapa orang bisa meninggal akibat infeksi kemungkinan karena daya tahan tubuhnya sedang tidak bagus. Pada kasus Michael misal kemungkinan ia punya penyakit lain ditambah dengan faktor umur membuat sistem imunnya kewalahan menghadapi bakteri.

Untuk menghindari infeksi V. vulnificus CDC menyarankan seseorang menutup luka terlebih dahulu dengan perban kebal air apabila memang ada. Selain itu masak masakan laut sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

sumber: Detik.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional