Wartapost.com

Proyek Palapa Ring Paket Barat Siap Dibangun Dengan Anggaran Rp.875 Miliar

  • Reporter:
  • Jumat, 12 Agustus 2016 | 02:31
  • / 8 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 103 kali
Proyek Palapa Ring Paket Barat Siap Dibangun Dengan Anggaran Rp.875 Miliar
Proyek Palapa Ring Paket Barat Siap Dibangun Dengan Anggaran Rp.875 Miliar

Wartapost.com – Proyek Palapa Ring untuk Paket Barat sudah dapat dijalankan, pasalnya dana untuk membangun jaringan serat optik sebagai tulang punggung sistem telekomunikasi itu telah cair. Palapa Ring Paket Barat ini sudah disepakati dengan anggaran dana senilai Rp.875 miliar.

 

Hal tersebut dipastikan setelah selesainya proses administrasi antara pemerintah, pemenang tender serta pengawas independen. Langkah awal pembangunan untuk wilayah barat Indonesia itu ditandai dengan penandatangan pihak-pihak terkait di Kominfo Jakarta, Kamis (11/8/2016) kemarin.

 

Pendanaan Rp.875 miliar itu berasal dari bank, yang sebelumnya menggunakan dana kas pribadi pemenang tender yakni PT. Palapa Ring Barat.

 

“Kesepakatan ini menjadikan proyek Palapa Ring Barat efektif, sebab uang sudah dapat dicairkan. Sejauh ini masih menggunakan uang kas pribadi milik perusahaan PT. Palapa Ring Barat,” tutur Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatikan sebagaimana yang kami kutip dari laman Viva.co.id, Jumat (12/8/2016).

 

Setelah pencairan itu selesai, maka proses pembangunan pun sudah dapat dilakukan untuk bisa mencapai target akses internet cepat untuk wilayah kabupaten / kota.

 

“Begitu pula PT. Palapa Ring Barat selaku badan usaha. Bank akan mencairkan pinjaman bila ada syaratnya. Ini bukan pinjaman biasa, namun restructure finance 20 persen dari equity dan 80 persen loan,” tutur Rudiantara.

 

PT. Bank Mandiri yang menyalurkan kredit senilai RP.875 miliar ke PT. Palapa Ring Barat, sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) untuk membangun Proyek tersebut. Proyek itu diprakarsai oleh Kominfo.

Proses pengkreditan tersebut dilakukan selama delapan tahun dengan masa tenggang agar mendukung pembangunan jaringan serta optik di lima kota di Kepulauan Riau.

 

 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional