Wartapost.com

Modal Rp 100 Ribu Jualan Bunga, Gadis Ini Raup Untung 30 Juta Perbulan!

  • Reporter:
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 | 04:00
  • / 9 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 210 kali
Modal Rp 100 Ribu Jualan Bunga, Gadis Ini Raup Untung 30 Juta Perbulan!
Yosefine - Labushky Bouquet

Wartapost.com – Adalah Yosefin, Gadis cantik asal Bandung ini mengawali bisnisnya ketika sering melihat bunga dalam acara wisuda yang tampilannya cuma ‘gitu-gitu aja’. Dari situlah ia mendapat ide untuk berkreasi dan melakukan inovasi dengan bunga. Dengan kreasinya ia menjadikan rangkaian bunga lebih cantik  serta memiliki nilai jual.

Yosefin mengatakan sebenarnya ia memang suka terhadap bunga. Waktu ia kuliah dan datang ke wisuda teman, ia melihat bunga-bunga yang dibawa hanya berbungkus plastic saja. Ia yang menganggap bunga itu cantik seharusnya bisa dirangkai dan ditata dengan lebih indah.

 Dari keresahan itu ia lalu membeli beberapa tangkai bunga mawar dan bunga gerbera. Dengan modal sebesar Rp 100 ribu, ia medapat harga yang cukup murah dari petaninya langsung. Bunga-bunga yang ia beli itu kemudian ia rangkai serta hiasi dengan kotak bermacam bentuk.

“Modal awal sekitar Rp 100 ribu, itu juga beli beberapa batang kayu mawar dan bunga garbera, bunga mentah dari petani kan harganya lebih murah. Kemudian dirangkai dengan berbagai bentuk serta hiasan. Harga yang dijual memang lumayan mahal, hal ini karena butuh kreatifitas dan termasuk karya seni,” jelas Yosefin.

Setelah berhasil merangkai bunga, ia lalu menunjukkan kepada teman-temannya. Beberapa teman Yosefin yang melihat karyanya tertarik dan ia mulai mendapat pesanan. Setelah banyak pesanan, Yosefin kemudian menambahkan beberapa hiasan agar rangkaian bunganya lebih bernilai.

Produk hasil karya Yosefin ini ia beri label “Labushky Bouquet”. Mengenai harga jualnya, Yosefin menjual rangkaian bunga dari harga Rp 10.000 hingga Rp 450.000. Harga tersebut ia sesuaika dengan tingkat kesulitan dan harga aseli bunga mentahnya. Dalam sekali pesan, ia sanggup  menerima pesanan sebanyak 100 tangkai bunga mawar.

Walaupun terhitung baru sejak Agustus 2015, Yosefin termasuk sukses menjalankan bisnisnya. Ia bisa menjual 100-300 bucket bunga dalam sebulannya. Rata-rata, omzet yang diperolehnya setiap bulan mencapai Rp 20 juta – Rp 30 juta.  Dari omzet, dalam setahun ia dapat memperoleh jumlah omzet sebesar Rp 350 juta.

Banyaknya pesanan bunga yang diterima Yosefin ini dikarenakan banyaknya acara wisuda dan pernikahan yang tertarik kepada hasil karyannya.

Ia mengatakan, “Dalam setahun ini sudah 3.000-an bucket atau senilai Rp 350 juta. Pendapatan ini tergantung di situ ada wisuda di tiap kampus. Kadang orang nikahan aku bikini juga mahkota-mahkota gitu.”

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Walaupun masih berada di wilayah Bandung dan sekitarnya, Yosefin mengaku bisnisnya juga sudah tersebar hingga papua.

“Dulu pernah ada yang pesan ke papua, daripada ongkosnya mahal dan kondisi bunganya belum tentu dipastikan fresh sehingga aku bilang pakai bunga plastic aja di kirimnya. Karena biasanya kita memebeli bunga ada yang hari h-2 atau ada juga yan hari-1 atau ada juga yang tepat hari H. Jadi harus diperhitungkan. Ada yang harus dadakan, jadi ya enggak borongan semua,” jelas Yosefin.

Untuk memperlihatkan hasil karyanya sekaligus promosi, Yosefine menggunakan instagram untuk media pemesanan.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional