Wartapost.com

Di Indonesia, Google Bakal Laksanakan Rencana Ini

  • Reporter:
  • Sabtu, 13 Agustus 2016 | 12:26
  • / 9 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 143 kali
Di Indonesia, Google Bakal Laksanakan Rencana Ini
Acara Google for Indonesia di Hotel Ritz Carlton, Selasa (9/8/2016)

Wartapost.com – Saat ini Google terus berkembang pesat. Ia  pertama kali dikenal sebagai mesin pencari (Serach) sejak 1998. Dari usaha teras rumah, Google terus mengembangkan usahanya menjadi raksasa teknologi yang memiliki berbagi kaki bisnis di dalamnya. Diantaranya yang sedang dikembangkan dengan cepat adalah peta digital (Maps), layan berbagi video (Youtube), dan system operasi mobile (Android).

Tidak hanya itu, Google yang sebelumnya memberikan layanan kepada masyarakat umum kini mulai mengembangkan layanan untuk para pebisnis menggunakan ‘cloud’ (Google Cloud Platform) yang memiliki sifat B2B atau ‘business to business’. Secara khusus program itu ditargetkan kepada para pengembang aplikasi dan bisnis digital lainnya.

Dalam acara ‘Google for Indonesia’ yang dilaksanakan Selasa (9/8) lalu di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, melalui para eksekutifnya Google mengatakan bahwa semua kaki bisnisnya berjalan dengan baik di Indonesia. Untuk itu, dalam waktu dekat Google akan melaksanakan rencana-rencan untuk semakin memberikan kepuasan kepada para pelanggan di Indonesia. Berikut ringkasan rencana mereka.

Search

Fokus utama bisnis ‘Search’ di Indonesia terbagi menjadi tiga bagian. Pertama adalah bisa diandalkan ketika koneksi internet sedang buruk di Indonesia, kedua relevan dengan keinginan penelusuran masyarakat da ketiga adalah mampu merespon penelusuran suara (voice search) dalam bahasa Indonesia.

Maps

Google juga berniat untuk memperkaya fitur peta digitalnya di Indonesia. Selain fungsi utama sebagai penunjuk jalan, beberapa lalu Google juga telah berkejasama dengan jasa angkutan untuk menunjukan jadwal angkutan umum dan tariff layanan ‘ride-sharing’. Beberapa pihak yang telah diajak kerjasama dengan Gooogle adalah PT TransJakarta, Gojek, Grab dan Uber. Dengan hal itu diharapkan masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan informasi mengenai laju lalu lintas yang dibutuhkannya.

Tak hanya dalam hal transportasi, Google juga telah berkerjasama dengan kementrian pariwisata untuk mempromosikan potensi wisata di Indonesia melalui kaki bisnisnya ‘Street View’. Sudah ada beberapa tempat wisata yag sudah terdaftar dalam ‘Street View’, diantaranya adalah Pulau Komodo, Raja Ampat, Bangka serta Bunaken.

YouTube

Era video saat tengah berkembang besat dan digandrungi di tanah air. Salah satu yang sedang nge-tren di kaula muda adalah Video Blog atau Vlog. Untuk mempermudah penggunanya, Google menambahkan beberapa fitur untuk mempermuda pengguna dalam menemukan materi edukasi dalam ‘Creator Hub’.

 

Tak cukup itu, saat ini pengguna YouTube di Indonesia dapat menyaksikan video dari situs Youtube tanpa takut kuota habis. Pengguna dapat menyipan video dengan mode ‘offline’ ketika sedang dalam jaringan wifi atau ketika kuota data sedang penuh untuk ditonton nantinya meski tidak ada koneksi atau koneksi tak stabil.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional