Wartapost.com

Alat Transportasi Bus Damri Tujuan Way Kambas Belum diminati Sepenuhnya Oleh Masyarakat

  • Reporter:
  • Sabtu, 5 November 2016 | 23:02
  • / 4 Safar 1438
  • Dibaca : 128 kali
Alat Transportasi Bus Damri Tujuan Way Kambas Belum diminati Sepenuhnya Oleh Masyarakat

WARTAPOST.com – Sarana transportrasi Bus Damri untuk melayani pengunjung atau pun wisatawan menuju Taman Nasional Way Kambas (TNWK) di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, belum banyak diminati masyarakat pengguna transportrasi ini.

“Belum ada kenaikan secara signifikan meski sudah ada layanan Bus Damri ke TNWK, masih sepi pengunjung seperti biasanya,” kata Subakir, Kepala Taman Nasional Way Kambas (TNWK), di ruang kerjanya di Lampung Timur, Kamis.

Dia mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab masih belum banyak wisatawan memanfaatkan sarana transportrasi Bus Damri ini ke TNWK itu,

Padahal, menurut dia, sudah banyak informasi lewat media massa yang disampaikan kepada masyarakat tentang keberadaan rute Bus Damri ke TNWK tersebut.

“Tapi, nanti bisa saja mendekati acara Festival Way Kambas 11-13 November mungkin akan ramai wisatawan memanfaatkan Bus Damri itu untuk datang ke Way Kambas,” ungkapnya

Menurut Subakir, semenjak adanya rute Bus Damri ke TNWK itu justru banyak warga di Lampung Timur merasakan manfaatnya.

“Bus Damri ini sekarang justru bermanfaat bagi warga di Lampung Timur yang daerahnya dilalui rute bus ini. Mereka banyak yang menggunakan layanan Bus Damri ini karena rumahnya dilewati. Sekarang warga yang merasakan manfaatnya, mereka sangat senang,” ujar dia lagi.

Pengelola TNWK bekerjasama dengan Perum Damri, telah menyediakan sarana tranportasi berupa Bus Damri untuk melayani para wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata Way Kambas. Peresmian layanan bus itu dilaksanakan Kamis 22 oktober 2016 lalu bersama Perum Damri, Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lampung Timur maupun pihak TNWK.

Perum Damri menyediakan lima armada bus yang akan beroperasi setiap harinya. Trayek Damri ini dimulai dari Terminal Rajabasa Kota Bandarlampung menuju Kota Metro, Batanghari, Sekampung dan sampai di Way Kambas.

Waktu keberangkatan dari Terminal Rajabasa pukul 08.00 WIB, sedangkan dari Way Kambas ke Bandarlampung berangkat pukul 07.00 WIB. Biaya yang dipatok oleh Perum Damri berkisar Rp30 ribu per penumpang.

Pemerintah Kabupaten Lampung Timur saat ini menjadikan pariwisata sebagai salah program prioritas, salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambas yang ditargetkan akan menjadi destinasi wisata nasional dan internasional.

Karena itu, Pemkab Lampung Timur terus berbenah menangani objek wisata unggulan ini.

Pemkab Lampung Timur rencananya siap menggelar Festival Way Kambas yang akan dilaksanakan selama tiga hari, 11-13 November di Taman Nasional Way Kambas dengan target pengunjung 50 hingga 100 ribu orang selama tiga hari perayaan festival ini

Festival Way Kambas adalah upaya Pemkab Lampung Timur dalam mempromosikan Way Kambas dan menarik wisatawan sebanyak-banyaknya ke objek wisata ini.

Sejumlah kegiatan dan lomba akan disuguhkan kepada pengunjung pada Festival Way Kambas ini, selain paket hiburan dan atraksi gajah yang disuguhkan pengelola TNWK.

Sejumlah kegiatan dan lomba digelar dalam event tahunan ini, di antaranya Jeprat-Jepret Way Kambas, Sketsa Way Kambas, Lomba Kreasi Suvenir. Kemudian Way Kambas Adventure Trail, Fun and Run Way Kambas 10 Km, dan Gowes Way Kambas.

Pihak penyelenggara juga akan menggelar Seminar Nasional Way Kambas, Fox Hunting Signal Way Kambas dan pesta buah.(erwan)

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional