Wartapost.com

Ingin Hidup Lebih Bahagia? Yuk Mulai Rutin Membaca Buku

  • Reporter:
  • Rabu, 16 November 2016 | 12:25
  • / 15 Safar 1438
  • Dibaca : 67 kali
Ingin Hidup Lebih Bahagia? Yuk Mulai Rutin Membaca Buku

Pernah gak sih kalian merasa bosan dan pusing dengan pekerjaan dan kesibukan?! seakan hari-harinya hanya beraktifitas seperti itu saja, dan diulang-ulang terus. Rasa jenuh itu seakan  ingin lari dari semua kenyataan yang ada untuk meraih kebahagiaan dan kebebasan.

Salah satu jalan keluar yang bisa Anda lakukan adalah dengan membaca buku. Seperti yang dilansir dari Washingtonpost.com, Rabu (16/11/2016) Keith Oatley psikolog dari Toronto University menemukan bahwa dengan membaca tentang kisah hidup seseorang bisa menumbuhkan rasa empati pada jiwa pembaca. Pembaca buku akan lebih bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain, dan lebih bersyukur atas kehidupan yang dijalaninya. Rasa syukur ini membuat pembaca buku menjadi lebih bahagia. Bukan hanya itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dengan membaca buku.

 

Menghilangkan Stres

Penelitian menemukan bahwa 67% tingkat stres akan berkurang dengan kegiatan membaca buku. Tentunya tiap orang punya pilihan buku yang berbeda. Membaca buku yang disukai entah itu buku–buku fiksi seperti novel, atau buku nonfiksi akan membantu pembaca menjadi lebih rileks. Rasa rileks ini didapat ketika pembaca sudah masuk dalam kisah atau tulisan dari buku yang dibacanya.

Kualitas Tidur Lebih Baik

Ada beberapa orang yang punya kebiasaan membaca buku sebelum tidur. Ternyata beberapa penelitian pun mengungkapkan bahwa membaca sebelum tidur bisa membuat anda punya kualitas tidur yang lebih baik. Tentunya tidak semua buku bacaan bisa dijadikan pilihan untuk pengantar tidur. Buku dengan topik ringan dan menyenangkan bisa anda pilih agar anda bisa tidur dengan hati bahagia.

Mendapat Banyak Inspirasi

Menumbuhkan kembali semangat ketika kondisi mental sedang turun pastinya sangat diperlukan. Apalagi jika mood sedang tidak bersahabat. Kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Anda tidak perlu datang ke tempat pelatihan motivasi berbiaya tinggi. Membaca buku pun dapat memberikan banyak inspirasi yang bisa dijadikan semangat untuk Anda memulai hari baru.

Sebaik-baiknya Teman adalah Buku

Perjalanan hidup tidak selamanya mulus. Ada saja permasalahan hidup yang harus segera diselesaikan. Terkadang perlu teman bertanya untuk membantu mencari jalan keluar. Sayangnya tidak semua orang bisa dipercaya sebagai teman bercerita. Jika Anda tidak memiliki seorangpun saat itu untuk membantu mencari jalan keluar, Anda bisa mulai mengambil buku dan mulai membaca. Buku memberikan banyak informasi, membuka wawasan, menunjukkan banyak peluang yang bisa Anda tempuh untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi. Tanpa memberikan respon negatif yang tidak diharapkan oleh pembacanya.

Kecanggihan teknologi memang menguasai kehidupan manusia modern. Namun keberadaan gadget canggih belum tentu bisa memberikan kebahagiaan. Sudah saatnya beralih pada aktivitas lainnya untuk bisa bahagia, salah satunya dengan membaca buku.

sumber: Liputan6.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional