Wartapost.com

Singapura, Thailand dan Vietnam Sudah Raih Emas, Bagaimana Indonesia?

  • Reporter:
  • Senin, 15 Agustus 2016 | 09:39
  • / 11 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 151 kali
Singapura, Thailand dan Vietnam Sudah Raih Emas, Bagaimana Indonesia?
Ganda Puteri Indonesia, Gresy Polli/Nitya Krishinda Maheswari

Wartapost.com – Tidak terasa, gelaran Olimpoade Rio 2016 bakal rampung seminggu lagi. Beberapa negara tetangga telah berhasil raih emas, sedangkan Indonesia masih berharap.

Sampai saat ini, Thailand adalah negara di Asia Tenggara yang paling berhasil di Olimpiade Rio 2016. Negara ini sukses menorehkan dua medali emas pada cabang olahraga angkat besi. Di sisi lain, Indonesia hanya mampu peroleh dua medali perak di cabang olahraga ini.

Satu medali emas pada cabang menembak juga telah dikantongi atlet dari Vietnam. Sedangkan Singapura secara mengejutkan mampu menorehkan medali emas pada cabang renang. Pasalnya, mereka yang diwakili Joseph Schooling mampu mengalahkan legenda hidup Michael Pelps di 100 meter gaya kupu-kupu.

Bagaimana dengan Indonesia? Pada hari ke-10 (15/8) ini, Indonesia baru mampu mencatatan dua atletnya sebagai peraih medali perak di cabang angkat berat. Mereka adalah Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan. Sedangkan dua cabang lain yang cukup diharapakan, panahan dan dayung tidak mampu penuhi ekspektasi dan gagal.

Cabang bulutangkis yang menurunkan paling banyak kontinguen pun cukup mengkhawatirkan. Pasangan ganda putra terbaik Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan harus gagal di babak penyisihan, tunggal putri terbaik Linda Weni juga harus kalah di perempat final, sedangkan ganda campuran kedua Preveen Jordan/Debby Susanto pun ‘dipaksa’ mengalah ketika bertemu dengan Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Dengan hasil itu, saat ini wakil Indonesia yang masih bisa diharapkan untuk raih medali emas adalah Tantowi Ahmad/Liliyana Natsir, Tommy Sugiarto, dan Gresy Polli/Nitya Krishinda Maheswari. Ketiganya masih bertahan dan berjuang di cabang bulutangkis.

Ketua Satlak Prima Achmad Sutjipto mengatakan bahwa perjuangan Indoenesia untuk raih emas amatlah berat. Tumpuan harapan saat ini berada pada mereka yang masih berjuang. Semakin berat karena pasangan ganda campuran tinggal satu. Menurutnya, apa yang terjadi saat ini ternyata lebih berat dari apa yang diperkirakan sebelumnya.

Walaupun begitu, ia masih yakin atlet Indonesia masih mampu untuk meraih medali emas. Sebab, tidak ada yang bisa menebak secara pasti siapa peraih medali emas di olimpiade ini.

Selain cabang bulutangkis, di sisa tuju hari ini, Indonesia juga masih menaruh harapan di cabang lompat jauh (Maria Londa) dan Sepeda BMX (Toni Syarifudin).

Olimpiade masih berlangsung, apapun bisa terjadi. Kita berharap yag terbaik untuk atlet-atlet Indonesia. Pada Olimpiade 2012 lalu, negara-negara di Asia Tenggara tidak ada yang berhasil peroleh medali emas.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional