Wartapost.com

[Inovasi] Tatto Di Masa Depan

  • Reporter:
  • Senin, 15 Agustus 2016 | 11:55
  • / 11 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 198 kali
[Inovasi] Tatto Di Masa Depan
DuoSkin - Smart Tatto Masa Depan

Wartapost.com – Apakah anda pernah terbayang bagaimana tao di masa depan? Ya, tato merupakan salah satu media untuk mengekspresikan sesuatu yang menghiasai permukaan kulit baik permanen atau sementara. Namun, bagaimana dengan tato di masa depan? Apakah tato hanya berfungsi hiasan kulit semata?

Beberapa mahasiswa PhD dari Massachuesetts Institute of Technology (MIT Media Lab) bersama dengan peniliti dari Microsoft Research sedang melakukan penelitian dan pengembangan sebuah perangkat wearable (dapat dipakai) barunya yang berbentuk tato interaktif.

Smart Tatto‘ ini dinamakan dengan DuoSkin. Perangkat ini dilengkapi dengan ‘software‘ yang mampu dufungsikan sebagai ‘toucpad’ laptop, mengendalikan ponsel hingga menampilkan kondisi emosi penggunanya. Perangkat ini bahkan mampu berbagi data menggunakan koneksi NFC (Near Field Communication).

Hasil dari penelitian ini akan dipublikasikan secara resmi dalam bentuk makalah yang akan rilis bulan depan. Berdasarkan informasi yang beredar, tato ini menggunakan dua warna yaitu emas dan silver.

Penggunaan material emas bukan tanpa alasan penting. Dipublikasikan The Verge, tim peneliti memilih emas sebagai material dasar tato ini karena emas dianggap lebih tahan lama serta aman untuk dibuat menjadi lembaran tips. Hal ini dapat menghidarkan pengguna dari iritasi saat tato ini dipasang.

Para peneliti mendesain sebuah sirkuit piranti lunak berbentuk grafis yang ditanamkan dalam tato untuk mengalirkan gelombang listrik dan gelombang elektromagnetik. Tidak cuma itu saja, pada saat pengujian, para peritispan mampu mengkostumisasi tato menjadi pengendali musik yang dapat disesuaikan dengan minat penggunanya.

Cara pemasangan tato ini cukup mudah, hampir seperti tato biasa namun tidak melukai kulit. Pengguna tinggal menempelkan DuoSkin pada permukaan kulit. Jika pengguna sudah bosan, tato ini bisa dilepas kapan saja.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional