Wartapost.com

Harga Bawang: Dari Rp 14 Ribu Jadi Rp 40 Ribu, Makelar Bermain

  • Reporter:
  • Senin, 15 Agustus 2016 | 23:41
  • / 11 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 129 kali
Harga Bawang: Dari Rp 14 Ribu Jadi Rp 40 Ribu, Makelar Bermain
Proses panjang distribusi barang menjadi penyebab utama naiknya harga barang.

Wartapost.com – Kementerian Pertanian dan Kemeneterian Perdagangan menjadi dua lembaga negara yang ditugaskan Presiden untuk memutus rantai pasok dalam persebaran kebutahan pokok.

Salah satu usahanya adalah dengan langsung menyerap produksi dari petani melalui Perum Bulog untuk selanjutnya dikirim ke Jakarta. Hal ini dimaksudkan agar menghindari tidak adanya pihak ketiga ‘middle man’ yang tidak dikenal atau sering disebut makelar.

Usaha ini jelas dilakukan agar ‘middle man’ tidak dapat turut serta dalam memainkan harga produk. Serupa dengan perkatan menteri Pertanian Andi Sulaiman, ia mengatakan kalau harga kebutuhan pokok kerap melambung tinggi dari petani ketika sampai di Jakarta akibat dari permaianan para ‘makelar’.

Amran ketika ditemui di Kantor Kemendag, Jakarta, Senin (15/8/2016) menjelaskan, “Selama ini harga masih menjadi masalah disparitas terlalu tinggi. Harga bawang dari petani adalah Rp 14-16 ribu/kg, namun hanya menempuh jarak 10 km ke Jarkarta, harga bawang naik Rp 40 ribu, itu sebab ulah ‘middle man’.

Tidak cuma bawang, menurut Amran, kejadian semacam ini masih juga terjadi pada produk beras premium. Akibat adanya ‘makelar’, rantai distribusi menjadi semakin panjang dan harga melambung tinggi.

“Harga beras premium, harga produksi hanya Rp 6.800/kg, ditambah pengemasan dan angkut harusnya harga hanya jadi Rp 8.000/kg. Namun ketika samapi di kota, harganya naik menjadi Rp 11-12.000/kg,” kata Amran.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


Inilah yang akan diselesaikan oleh pemerintah. Bulog akan langsung menyerap produksi petani dalam jumlah yang sangat besar. Produjk yang sudah jadi akan langsung dibawa ke Jakarta dan didistribusikan ke PD Pasar Jaya tanpa melalui perantara.

Ketika sudah di PD Pasar Jaya, barang dari petani langsung yang didistribusikan Bulog dapat langsung disebar ke masyarakat. Dengan ini, harga yang diberikan pun dapat lebih di tekan.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional