Wartapost.com

‘Salah Ketik’, Novel Harry Potter Dihargai Ratusan Juta Rupiah

  • Reporter:
  • Selasa, 16 Agustus 2016 | 07:51
  • / 12 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 163 kali
‘Salah Ketik’, Novel Harry Potter Dihargai Ratusan Juta Rupiah
Serie Novel Harry Potter

 

Ya, jika bukan novel legendaris, nampaknya hal ini tidak mungkin terjadi. Apabila anda termasuk orang yang mengoleksi serie novel Harry Potter sejak edisi pertamanya, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengeceknya kembali. Barangkali salah satu koleksi anda, ada yang dihargai dengan lebih dari Rp 340 juta atau sekitar 20 ribu Poundsterling di balai pelelangan.

Namun perlu anda ketahui, bahwa tidak semua serie dari novel karangan JK Rowling yang dihargai sedimikian. Adalah ‘Harry Potter and the Pilopher’s Stone’ yang pertama kali dicetak dengan jumlah 500 eksemplar.

Kesalahtulisan seperti apa hingga novel itu dihargai cukup mahal? Pada 500 edisi pertama itu, terdapat kesalahan tulis pada daftar yag harus dibeli Harry sebelum masuk ke sekolah sihir Hogwarts untuk pertama kalinya. Dalam daftar persiapan perlengkapannya itu tertulis kata ‘Tongkat Sihir’ sebanyak dua kali.

Jika anda memiliki edisi itu, cobalah lihat pada halaman 53 dimana kesalahan tulis itu berada.

Novel Harry Potter yang memiliki kesalahan tulis itu menurut Independent, dapat dijual dengan harga 26 ribu poundsterling atau sekitar Rp 440 juta. Harga ini dibuat dalam sebuah pelelangan di Bonhams FIne Books and Manuscripts Sale London. Informasi yang diumumkan, lelang tersebut akan dilaksanankan pada 9 November.

Alasan utama pemberian harga itu adalah sebagai bentuk perhatian spesial dari pecinta novel Harry Potter. DItambah lagi, serie Harry Potter and the Philosper’s Stone merupakan serie pertama, sehingga jika terdapat kesalahan tulis disanan maka menjadi hal yang berharga. Hal ini diungkapkan oleh Mattews Haley Kepala Perbukuan dan Manuscript di Bonhams.

Walaupun cerita Harry Potter adalah novel yang mengisahkan tentang seorang anak laki-laki umur 12 tahun, tidak lantas novel ini hanya dibaca anak-anak. Banyak orang dewasa yang rela membayar mahal untuk bisa mendapatkan buku itu.

“Edisi kali ini dalam keadaan yang sangat baik. Adalah salah satu dari yang terbaik dari yang pernah saya lihat, dan menurut bayangan kami akan banyak yang tertari,” kata Haley.

Harry Potter and the Philosopher’s Stone merupakan edisi pertama yang diterbitkan pada 1997. Edisi ini juga dikenal dengan Harry Potter and the Sorcerer’s Stone di banyak negara termasuk Indonesia dan Amerika Serikat.

Karya dari JK Rowling itu telah terjual 400 juta kopi dari seluruh dunia. Buku pertaman ini telah sukses difilm-kan dan dibintangi oleh Daniel Radcliffe.  

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional