Wartapost.com

Mengerikan, Penghancuran Pemukiman Rohingya Terbukti Lewat Foto Satelit

  • Reporter:
  • Selasa, 22 November 2016 | 13:16
  • / 21 Safar 1438
  • Dibaca : 275 kali
Mengerikan, Penghancuran Pemukiman Rohingya Terbukti Lewat Foto Satelit

WARTAPOST.com – Umat muslim Rohingnya di Myanmar sedang mengalami nasib yang tragis sehingga menarik perhatian publik internasional. Bertempat di kawasan Rakhine muslim Rohingnya mengalami penganiayaan yang tak manusiawi yang mana dilakukan oleh aparat militer setempat. Bahkan dalam sejumlah pemberitaan, dalam operasi itu mereka juga membunuh, memperkosa dan menjarah rumah warga. 

Klaim tersebut telah dibantah oleh pemerintah Myanmar. Meski begitu, Human Rights Watch memberikan bukti yang sebaliknya. Baru-baru ini HRW merilis foto satelit yang menunjukkan penghancuran pemukiman warga etnis Rohingya. 

Foto tersebut dirilis menyusul adanya laporan mengenai pengrusakan 1200 rumah penduduk. Dari gambar yang ditampilkan dapat dilihat ada sekitar 820 struktur bangunan hancur antara 10 hingga 18 November ini. 

Sementara itu, beberapa waktu lalu dilaporkan ada ribuan warga Rohingya yang berusaha melarikan diri lewat Bangladesh. Beberapa waktu lalu, aparat Bangladesh kabarnya sempat melarang 125 orang yang hendak masuk wilayahnya dan mengusir mereka pulang. 

Pihak Myanmar sendiri telah menyangkal klaim pengrusakan itu dan mengatakan jika orang Rohingya sengaja membakar rumah mereka sendiri untuk menarik perhatian dunia. Juru bicara Kepresidenan Myanmar, Zaw Htay bahkan menuduh HRW melebih-lebihkan fakta

sumber: Wowkerem.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional