Wartapost.com

6 Lagu Yang Harus Kamu Dengar Di Hari Kemerdekaan

  • Reporter:
  • Rabu, 17 Agustus 2016 | 09:14
  • / 13 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 125 kali
6 Lagu Yang Harus Kamu Dengar Di Hari Kemerdekaan
Garuda di Dadaku (NTRL) Menjadi Salah Satu Lagu Wajib Kala Tim Nasional Indonesia Bertanding

Wartapost.com – Kemerdekaan tidak selalu berarti merdeka dari penjajahan bangsa lain. Namun dapat juga diartikan sebagai kebebasan untuk berekspresi, salah satunya dengan bermusik. Dengan kebebasan ini, tidak berarti pula melupakan nasionalisme. Untuk itu, beberapa musisi berhasil mencptakan aransemen lagu yang mampu menumbuhkan rasa nasionalisme pendengarnya.

Lagu-lagu ini diaransemen dengan lebih modern dan upbeat disertai dengan lirik-lirik yang menggugah. Hal ini membuat para pendengarnya dapat merasa lebih termotivasi dan semangat. Memang bukan lagu wajib, namun lagu-lagu ini mampu hadir di setiap momen perjuangan masyarakat Indonesia, sehingga patut untuk anda dengarkan di Hari Kemerdekaan RI ke-71 ini.

Berikut 6 lagu dari musisi tanah air yang mampu membangkitkan semangat nasionalisme pendengarnya.

1. Bendera (Cokelat)

Bendera merupakan lagu ciptaan Eros Candra (gitaris Sheila On 7) yang berhasil dengan baik dibawakn oleh band Cokelat. Lagu ini merupakan salah satu lagu bertema nasionalisme dari album ke-tujuh Cokelat yang dirilis pada 2006. 

Tidak dapat dipungkiri lagi, sejak awal Cokelat berdiri, lagu ini menjadi salah satu yang paling mendapat tempat tersendiri di masyarakat Indonesia. Dengan mendengarkan lagu ini diharapkan masyarakat Indonesia berani bangkit dan berjuang.

2. Menjadi Indonesia (Efek Rumah Kaca)

Efek Rumah Kaca adalah salah satu band asal Bandung yang sejak terbentuk pada 2001 sering menciptakan lagu-lagu bertema kritik sosial. Diantara lagu-lagu kritik mereka, band yang dianggotai Cholil Mahmud, Adrian Yunan dan Akbar Bagus juga sempat mebuat lagu bertema nasionalisme. Lagu “Menjadi Indonesia” adalah salah satu lagu dari album “Kamar Gelap” tahun 2007.

Salah satu penggalan lirik “lekas, bangun tisur berkepanjangan menyatakan mimpimu” dan “memudakan tuamu, menjelma dan menjadi Indonesia” menjadi kata-kata yang mampu memberikan semangat nasionalisme ke pendengarnya. Walaupun tempo lagu ini tidak terlalu cepat, pembawaan dengan khidmat oleh Efek Rumah Kaca membuat lagu ini terus dikenang.

3. Garuda di Dadaku (NTRL)

Jika anda pernah menyaksikan pertandingan sepakbola di saat timnas Indoensia berjuang melawan negara lain maka lagu ini adalah salah satu lagu wajibnya. NTRL berhasil menciptaan lagu ‘easy listening‘ yang nadanya merupakan salah satu penggalan dari lagu daerah Papua ‘Apuse‘.

Pada mulanya, lagu ini dibuat oleh NTRL pada tahun 2009 untuk menjadi agu tema film “Garuda di Dadaku”. Hingga saat ini, lagu ini masih terus melekat di ingatan masyarakat Indonesia saat memberikan dukungan kepada tim nasional kala bertanding.

4. Dari Mata Sang Garuda (Pee Wee Gaskin)

Lagu ini merupakan salah satu lagu dari album ke-tiga Pee Wee Gaskin yang bertajuk ‘Ad Astra Per Aspera’ (2010). Bertempo cepat, Pee Wee Gaskin mampu mebawakan lagu ini dengan baik dan menyentuh hati pendengarnya. Dari lagu ini kita dapat mengerti bahwa masyarakat Indonesia mampu bersatu untuk berjuang walapun berasal dari suku-suku yang berbeda. Lagu ini sangat sering didengar oleh masyarakat Indonesia terutama kawula muda.

5. Selamanya Indoenesia (Twentyfirst Night)

Saat ini lagu ini menjadi sangat ‘booming‘ di kalangan penikmat olahraga terutama bulutangkis. Lagu ini diciptakan Twentyfirst Night dalam album keduanya yang bertajuk ‘Dream of Youth’ (2011). 

Lagu yang beraliran pop-rock itu mengajak kita untuk mencintai tanah air Indonesia dengan berbagai sisi yang kita bisa.

6. Merah Putih (Saykoji)

Salah satu musisi hip-hop Indonesia, Saykoji berhasil mengungkapkan rasa nasionalisme lewat hip-hop. Selain itu lagu ini semakin kental nasionalismenya dengan menyertakan petikan pidato Bung Karno di awalnya.

Saykoji lewat lagu ini ingin mengatakan bahwa Indonesia memiliki kekuatan yang besar sebagai negara. Kuatnya negara Indonesia selalu diingat negara lain lewat bendera Merah Putih. 

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional