Wartapost.com

Mbah Atemo, setia hingga usia senja berjualan mainan buatan sendiri

  • Reporter:
  • Sabtu, 26 November 2016 | 07:40
  • / 25 Safar 1438
  • Dibaca : 109 kali
Mbah Atemo, setia hingga usia senja berjualan mainan buatan sendiri

Semenjak muda Atemo Wiyono (81) atau yang kerap disapa Mbah Atemo berkreasi dengan membuat mainan dan menjualnya. Mabh Atemo merupakan warga Sewon, Yogyakarta ini sudah kenyang dengan asam garam dunia jual beli mainan.

Angrek, payung, kitiran, wayang, dan klunthungan merupakan beberapa mainan tradisional yang dibuat oleh Mbah Atemo. Ia memproduksinya sendiri mainan yang dijualnya. Mbah Atemo tak pernah mematok harga mahal untuk mainannya, Rp 5.000 jadi harga termahal untuk mainan buatannya.

Waktu terus berlalu dan berbagai perubahan dirasakan betul oleh Mbah Atemo. Apalagi terkait usahanya tersebut. Ia merasa sudah banyak yang berubah.

simbah-atemo

“Kalau dulu dibuat hidup cukup, kalau dulu laku lah. Kalau sekarang, ya sedikit-sedikit masih laku tapi tak seperti dulu,” cerita Mbah Atemo yang dilansir dari brilio.net beberapa waktu yang lalu.

Banyaknya permainan modern menurut Mbah Atemo membuat minat anak-anak pada permainan tradisional menurun. Kini juga semakin sedikit orang yang mau menggeluti profesi seperti Mbah Atemo.

“Sekarang yang buat mainan begini tidak banyak, anak saya saja belum tentu bisa,” lanjutnya.

Lima puluh tahun lebih Mbah Atemo menekuni profesinya. Sebuah konsistensi yang tak main-main. Belum tentu kita bisa menjadi sepertinya, setia menjaga permainan tradisional. Salut!

sumber: Brilio.net

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional