Wartapost.com

Gaji PNS Tahun Depan Tidak Naik Lagi, Ini Alasannya

  • Reporter:
  • Rabu, 17 Agustus 2016 | 19:27
  • / 13 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 162 kali
Gaji PNS Tahun Depan Tidak Naik Lagi, Ini Alasannya
Suasana Kerja PNS

Wartapost.com – Seperti halnya tahun ini, gaji pegawai negeri sipil (PNS) serta Anggota TNI/Polri tidak akan dinaikan di tahun depan. Walaupun demikian, pemerintah tetap akan memberikan gaji ke-14 atau tunjangan hari raya kepada para abdi negara seperti halnya tahun ini. Namun, apakah alasan tidak dinaikannya gaji PNS tahun depan?

Askolani selaku Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan mengatakan tidak naiknya gaji pegawai negeri sipil, Anggota TNI dan Polri disebabkan antisipasi pemerintah untuk melakukan penghematan guna membayar dana pensiun ketika purna tugas.

Askolani mengatakan, “Pemberian THR (gajik ke-14) untuk mengantisipasi beban dampak pensiun di masa depan. Hal ini masih cukup efektif untuk mengantisipasi beban pensiun di masa depan.”

Sementara agar pendapatan riil PNS dan anggota TNI/Polri tidak tregerus laju inflasi dan tetap terjaga maka gaji ke-14 (THR) akan tetap diberikan.

Menurut kementerian Keuangan RI, setiap pegawai negeri sipil dan anggota TNI/Polri seperti layaknya pegawai swasta akan menerima gaji 12 kali dalam setahun. Namun ditambah dengan gaji pokok plus tunjangan atau disebut gaji ke-13. Sedangkan gaji ke-14 merupakan tunjangan hari raya (THR) yang besar jumlahnya sama dengan gaji pokok tanpa tunjangan.

“Kebijakan masih sama seperti tahun 2016 tidak ada kenaikan gaji, yang ada hanya THR-nya,” tambah Askolani.

Namun, rencana ini belum disahkan karena Kementerian Keuangan masih belum mengajukan kebijakan ini kepada DPR dalam pembahasan APBN (RAPBN) 2017 depan.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional