Wartapost.com

Sudirman Said: Jangan Sampai Mafia ESDM Kembali!

  • Reporter:
  • Kamis, 18 Agustus 2016 | 12:06
  • / 14 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 194 kali
Sudirman Said: Jangan Sampai Mafia ESDM Kembali!
Sudirman Said - Mantan Menteri ESDM

Wartapost.com – Selama menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM), Sudirman Said telah melakukan banyak perubahan di wilayah kerjanya sehigga banyak apresiasi didapatnya. Setelah diumumkan adanya perombakan kabinet oleh Presiden Jokowi, ia harus merelakan jabatannya untuk diteruskan orang lain. Satu hal penting yag ia sampaikan kepada penerusnya dan para jajaran pejabat kementerian ESDM.

“Saya kalau boleh nitip satu aja sih. Reputasi sektor ini di awal pemerintahan Pak Jokowi sangat buruk. Dalam dua tahun, kata banyak orang, berhasil menanta ESDM menjadi lebih baik, bahkan ada kebanggaan tersendiri dari teman di ESDM. Jadi Reuptasi ini harus dijaga,” kata Sudirman saat ditemui wartawan di tempat tinggalnya, Jl Cibeber, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (11/8/2016) via Detik.

Sebelum pemerintahan Jokowi, sektor ESDM memang terkenal dengan reputasi yang buruk. Menteri ESDM definitf sebelum Sudirman, Jero Wacik harus berurusan dengan KPK karena terjert korupsi. Selai itu, Rudi Rubiandini sebagai Kepala SKK Migas saat itu juga tersandung kasus korupsi, begitu pula dengan mantan Sekjen Kementerian ESDM, Wayono Karyo.

Dengan catatan buruk itu, publik semakin yakin bahwa Kementerian ESDM memang diuni oleh banyak mafia migas. Untuk itu, Sudirman Said ditunjuk Presiden Jokowi untuk memperbaiki reputasi tersebut dengan berani memberantas mafia-mafia di dalamnya.

Tercatat selama 21 bulan, Sudirman memimpin Kementerian ESDM dengan berbagai gebrakannya. Ia berhasil membubarkan Petral yang merupakan sarang mafia. Ia juga berani membeberkan skandal Papa Minta Saham. Dengan keberaniannya itu, Sudirman jadi ditakuti dan banyak teror datang padanya. Bahkan, kantor Kementerian ESDM sempat medapat ancaman terror melalui tembakan. Walaupun begitu, Sudirman tetap saja tidak gentar melakukan aksi bongkar-bongkaran.

Selama kepemimpina Sudirman, Kementerian ESDM juga berhasil melakukan beberapa kebijakan positif seperti menggeser subsidi BBM, memperkuat efisiensi pasokan energi, memulai program 35 ribu Megawatt dan membuat keputusan soal blok Mahakam. Dengan jejeran prestasi itu, Sudirman titip kepada penerusnya : Jangan sampai mafia-mafia yang sudah terusir kembali lagi.

“Jangan sampai praktik-praktik yang dulu kembali. Dan saya katakana, kalau sampai orang-orang lama yang bermasalah dan orang-orang yang diasosiasilan dengan urusan mafia itu kembali, menurut saya itu adalah sebuah dosa kepada Presiden, karena Presiden sudah bekerja keras untuk memberantas mereka. Itu saja,” tegas Sudirman.

 

Mengenai aksi bersih-bersihnya di sector migas, Sudirman menyadari bahwa banyak orang yang skeptis akan hal itu. Mereka menganggap hilangnya mafia migas hanya sementara. Walaupun begitu Sudirman yang dahulu pernah menjabat Dirut PT Pindad itu yakin hal seperti tidak akan terjadi, meskipun ia sudah tidak menjabat menteri lagi. Ia menggap saat ini semua aktifitas komunikasi baik Whatsapp, Facebook dan Twitter sangat mudah dilacak, sehingga jika terjadi indikasi perbuatan korupsi bisa cepat ditindak.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional