Wartapost.com

Ford Bakal Produksi Mobil Tanpa Setir dan Pedal

  • Reporter:
  • Kamis, 18 Agustus 2016 | 14:53
  • / 14 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 117 kali
Ford Bakal Produksi Mobil Tanpa Setir dan Pedal
Ford Berencana Mengembangkan 'Smart Car' Otonom, Tanpa Setir dan Pedal

Wartapost.com – Salah satu produsen otomotif terbesar asal Amerika Serikat, Ford berencana membangun sebuah mobil pintar yang sepenuhnya otonom tanpa supir tahun 2021. Rencananya mobil ini dibuat dengan meniadakan kehadiran roda kemudi (setir) ataupun pedal.

Untuk merealisasikan recanannya ini, Ford akan bekerjasama dengan berbagai startup yang focus mengembangkan smart car masa depan. Rencananya, mobil ini akan digunakan sebagai kendaraan berbagi tumpangan (kendaraan umum).

Beberapa startup yang akan bekerjasama dengan Ford untuk membangun mobil ini adalah Velodyne yang secara khusus memproduksi sensor LIDAR. Ford juga telah mengakuisi SAIPS asal Israel untuk memproduksi computer dan software kecerdasan buatan. Ford juga telah melakukan perjanjian lisensi dengan Nirenberg Neuroscience untuk membuat “retina virtual” serta melakukan investasi pada salah satu perusahaan pembuat peta digital, Civil Maps.

Selai bekerjasama dengan pihak luar, untuk mendukung rencananya ini, Ford juga memperkuat basis penelitian dan inovasinya yang berada di Palo Alto. Untuk mempercepat tugasnya, Ford berencana melipatgandakan tim penelitinya tahun depan.

Saat ini Ford memang belum berbicara mengenai kendaraan ini atau bagaimana bentuk nantinya kendaraan ini. Sebaliknya mereka justru sedang berusaha keras untuk mendapatkan hardware da software yang benar-benar siap untuk digunakan kepad mobil tanpa supir ini.

Merujuk pada niatan Ford dalam memproduksi mobil untuk kendaraan berbagi tumpangan. Kemungkinan besar kendaraan ini akan dipasarkan kepada beberapa perusahaan transportasi panggilan seperti Uber, Grab dan Lyft. Mengenai hal ini, Ford memang belum memberikan konfirmasi resminya.

Dikutip dari The Verge, Ken Washington, VP of Research and Advanced Engineering Ford mengatakan, “Kami berdiri di belakang produk kami. Kami membayangkan di masa depan sebuh layanan yang memiliki kendaraan khusus di dalamnya, di mana kami adalah penyedia tekni dan layanannya, kami juga menyediakan layanan ke konsumen.”

Mengenai harga, Washington mengatakan bahwa mobil ini diperkirakan dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan umunya dengan teknologi sensor dan komputasi yang lebih cangih.

Selain mengembangkan teknologi piranti lunak dan kerasnya, dalam lima tahun kedepan, Ford juga berusaha untuk mendorong pemerintah untuk mengeluarkan regulasi perijinan mobil pintar ini untuk beroperasi di jalan raya.

Tak hanya Ford, Google dan Uber juga telah melakukan lobi ke pemerintah demi keberhasilan mobil pintar ini beroperasi.

 

Saat ini Google telah mengembangkan sebuah mobil mini tanpa supir dan sedang dalam tahap uji coba. Uber pun demikian, bersama peneliti di Carnegie Mellon University, mereka juga sedang mengembangkan mobil otonom.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional