Wartapost.com

Jabar Punya Potensi Destinasi Besar Wisata di Indonesia Namun Ada Kendala Terbesar

  • Reporter:
  • Senin, 5 Desember 2016 | 18:54
  • / 5 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 28 kali
Jabar Punya Potensi Destinasi Besar Wisata di Indonesia Namun Ada Kendala Terbesar

WARTAPOST.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, Jawa Barat merupakan daerah yang berpotensi menjadi destinasi wisata besar di Indonesia.

Namun, masalah besarnya adalah kurangnya infrastruktur penghubung membuat para pelancong mengurungkan niat untuk berwisata ke Jabar.

Ridwan mengisahkan, saat ia harus melakukan kegiatan di Pantai Pangandaran, untuk memangkas waktu perjalanan, ia lebih memilih untuk pergi lebih dahulu ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, untuk menggunakan pesawat Susi Air.

Waktu tempuh pun hanya sekitar sejam perjalanan. Lebih hemat waktu daripada menggunakan jalur darat yang bisa memakan waktu perjalanan sekitar tujuh jam dari Bandung.

“Jabar itu indah, problemnya koneksi ke lokasi indah itu yang masih harus jadi perhatian pemerintah pusat dan provinsi. Indah tanpa koneksi tidak akan jadi unggulan, hanya jadi cerita,” ujar Ridwan.

Hal itu dikatakan Ridwan saat menjadi pembicara dalam kegiatan coffee morning PT Angkasa Pura II, yaitu diskusi usaha meningkatkan turis mancanegara ke Jawa Barat di Hotel Savoy Homan, Jalan Asia Afrika, Bandung, Senin (5/12/2016).

Dalam teori traveling, kata Ridwan, jarak tempuh maksimal yang bisa ditoleransi hanya sekitar empat jam perjalanan. Sebab itu, ia menyimpulkan, sarana penghubung menjadi hal paling penting dalam pengembangan wisata.

“Jadi kalau mau memperbaiki tingkat kedatangan wisatawan kuncinya koneksi. Ini jadi tantangan terbesar. Konsultan bilang, Jabar fokus di pariwisata, maka ekonominya akan luar biasa,” jelasnya.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


“Jangan sampai lokasinya bagus, tetapi aksesnya memang tidak memadai. Sehingga, mengakibatkan daya tarik pariwisatanya hanya menjadi cerita, tidak memberi nilai ekonomi, kira-kira begitu,” lanjut Emil.

sumber : kompas.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional