Wartapost.com

Berkat Hiu Paus, Kabupaten Bone Bolango Mendadak Ramai

  • Reporter:
  • Selasa, 6 Desember 2016 | 11:01
  • / 6 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 30 kali
Berkat Hiu Paus, Kabupaten Bone Bolango Mendadak Ramai

WARTAPOST.com – Di Provinsi Gorontalo terdapat wisata yang berbeda dengan wisata lain yang dinilai berpotensi sebagai wisata menjanjikan. Menurut Pelaksana Tugas Gubernur Gorontalo Zudan Arif Fakrulloh, Pantai Botubarani di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo mendadak booming dan banyak turis baik lokal maupun mancanegara, disebabkan keberadaan hiu paus (Rhincodon typus) yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang ke tempat tersebut.

Kampung Butubarani yang dulu sepi itu, dalam tiga tahun belakangan mendadak ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan dan berinteraksi dengan hiu paus atau whale shark dalam bahasa Inggris.

Kemunculan hiu paus di Pantai Botubarani dimulai sejak tiga tahun lalu seiring dengan beroperasinya pabrik udang vaname di Botubarani yang membuang limbahnya ke laut dan menjadi penarik hiu paus.

Karena limbah dari pabrik tersebut membuat pupulasi plankton ikut bertambah dan plankton adalah makanan dari hewan laut besar tersebut.

Untuk para wisatawan yang ingin melihat dari dekat hiu paus di Kampung Botubarani, harus menyewa Perahu dengan harga Rp15.000 per orang. Untuk memancing hiu paus keluar ke permukaan air, setiap perahu dibekali makanan berupa kulit udang yang dijual dengan harga Rp10.000. Bahkan para pengunjung dapat bercengkrama dan bahkan berenang bersama di dekat hiu paus.

"Like" dan dapatkan berita terbaru dari kami


sumber: Otonomi.co.id

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional