Wartapost.com

Penjajahan Memang Kejam, Tapi Ini 10 ‘Manfaat’ yang Diwariskan

  • Reporter:
  • Rabu, 7 Desember 2016 | 09:08
  • / 7 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 264 kali
Penjajahan Memang Kejam, Tapi Ini 10 ‘Manfaat’ yang Diwariskan
Efek Penjajahan

WARTAPOST.com – Anggapan tentang kolonialisme atau penjajahan seringkali mendapat penilaian yang kejam, buruk dan mengerikan, namun tentunya bukan tanpa alasan melainkan ada sejarah yang berbicara.

Misalnya petualangan Raja Leopold dari Belgia di Kongo yang penuh kekejian. Demikian juga halnya dengan penguasa-penguasa yang memperbudak penduduk di wilayah jajahan dan memperdagangkan mereka. Atau negeri kita, Indonesia, yang harus membangun dari awal setelah lepas dari belenggu penjajahan selama ratusan tahun. 

Tapi itu belum kisah yang utuh. Dalam banyak hal yang tidak menjadi bahan pemberitaan, ada sejumlah hal baik yang dipetik dari penjajahan. 

Dikutip dari Liputan6.com dari Listverse.com pada Rabu (7/12/2016), kolonialisme atau penjajahan dari sudut pandang lain ternyata membawa sejumlah hal yang mengejutkan. Apa saja?

10. Prinsip Pemerintahan Baik (Good Governance)

022170300_1481016363-_1__colonialism_istock-511806098

Kebanyakan dari kita menganggap remeh demokrasi dan pemerintahan yang berfungsi, tapi kebanyakan dunia yang demokratis bukanlah yang datang dengan sendirinya.

Dalam sebagian besar sejarah manusia, “pemerintah” adalah diktator militer atau raja edan yang berhak menentukan tempat tinggal seseorang, pakaian yang dikenakan, dan bahkan saatnya seseorang harus meninggal dalam peperangan tanpa tujuan jelas.

Lalu mengapa banyak bagian dunia sekarang memegang demokrasi, walau terkadang hanya di mulut saja? Ternyata, itu termasuk bawaan kekuatan kolonial Eropa.

Ke manapun pihak Inggris pergi, mereka melembagakan pemerintahan yang serupa dengan pemerintahan mereka, yaitu adanya parlemen, birokrasi atau pelayanan sipil yang efisien, dan bahan dasar demokrasi.

Di lain pihak, Prancis memadukan wilayah taklukan dengan Prancis sendiri sehingga memajukan nilai-nilai Liberte, Egalite, Fraternite. Ketika dekolonisasi akhirnya terjadi, banyak kelembagaan demokratis ini yang kemudian menetap.

9. Penciptaan Pengobatan Modern

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional