Wartapost.com

KPU Lampung Timur Sosialisasikan Pemilih Cerdas

  • Reporter:
  • Jumat, 9 Desember 2016 | 06:06
  • / 9 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 84 kali
KPU Lampung Timur Sosialisasikan Pemilih Cerdas
Sosialisasi Pemilih Cerdas

WARTAPOST.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Timur mensosialisasikan “Saya Pemilih Cerdas” kepada ratusan pelajar di kabupaten ini pada pentas pelajar demokrasi yang digelar di Lapangan Merdeka Kecamatan Way Jepara, Rabu 7 Desember 2016.

 

“Tujuan sosialisasi pemilih cerdas adalah sadar konstitusi sebagai warga negara Indonesia untuk berpartisipasi dalam proses pemilihan, dan kritis menentukan pilihan,” kata Andri Oktavia, Ketua KPU Kabupaten Lampung Timur, di Way Jepara.

 

Menurut Andri, setiap lima tahun sekali pada setiap daerah melaksanakan hajat politik baik itu memilih presiden dan wakilnya, kepala daerah seperti bupati atau wali kota dan gubernur, memilih anggota legistatif baik pusat dan daerah serta anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

 

Dia mengatakan “Para pelajar perlu mendapatkan pendidikan memilih agar nanti saat mereka menggunakan hak pilihnya bisa memilih pemimpin yang berkualitas, karena tidak dipungkiri baik buruknya pemimpin hasil dari pilihan para pemilih atau masyarakatnya”.

 

“Masalah pimpinan terletak pada masyarakat, karena masyarakatlah yang memilih, jadi masyarakat tidak boleh protes kalau pemimpinnya tidak menepati janjinya. Sehingga agar bisa menghasilkan pemimpin yang cerdas dan baik pemilih harus pula cerdas memilih,” kata dia lagi.

 

Ia berharap adanya sosialisasi ini, nantinya pelajar saat menggunakan hak pilihnya bisa menggunakan haknya dengan baik untuk menentukan pemimpinnya.

 

Andri juga meminta agar para pelajar ini kelak menjadi generasi penerus dan bermanfaat buat masyarakat dan dapat membangun daerahnya terutama Kabupaten Lampung Timur.

 

Sosialisasi pemilih cerdas kepada ratusan pelajar di Kabupaten Lampung Timur itu dihadiri Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim.

 

Bupati Chusnunia mengatakan “Produk pemilu seperti pemimpin pemerintahan dan wakil rakyat merupakan hasil dari pilihan masyarakat karena pilihan adalah elemen paling penting dalam pesta demokrasi”.

 

Menurut dia, adanya sosialisasi pemilih cerdas oleh KPU Kabupaten Lampung Timur dengan tujuan memberikan pendidikan kepada pemilih pemula, sebisa mungkin dilaksanakan berkesinambungan untuk mempersiapkan para pemilih yang cerdas.

 

Dalam sosialisasi itu, Bupati juga memberikan satu buah buku kepada salah seorang peserta sosialisasi “Saya Pemillih Cerdas”.

Buku yang diberikan itu menurut dia, menggambarkan perempuan-perempuan tangguh dalam sejarah manusia. (Erwan)

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional