Wartapost.com

40 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol, 3 Orang Tewas

  • Reporter:
  • Jumat, 9 Desember 2016 | 09:03
  • / 9 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 67 kali
40 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Tol, 3 Orang Tewas
Tabrakan Beruntun Jalan Tol

WARTAPOST.com – Di Michigan, AS pada Kamis 8 November 2016 pagi waktu setempat terjadi kecelakaan beruntun di jalan bebas hambatan. Berjumlah 40 mobil menjadi korban dalam insiden tersebut.

“Tiga orang tewas dalam kecelakaan yang melibatkan hingga 40 mobil yang menuju ke timur dan arah barat I-96 di dekat Fowlerville pada Kamis pagi,” kata pihak berwenang seperti dikutip dari USA Today, Jumat (9/10/2016).

Menurut polisi negara bagian Michigan, Sersan Jeffrey Munoz, antara 30 dan 40 mobil terlibat dalam insiden yang terjadi pada pukul 09.30 pagi. “Korban tewas terjadi di jalur arah barat dari I-96,” jelasnya.

Jalur arah barat dari I-96 di dekat pintu keluar Jalan Fowlerville tetap ditutup untuk sementara waktu. “Jalur menuju timur I-96 dekat M-52 akan ditutup selama beberapa saat,” ujarnya.

Kantor sherif County Livingston mengeluarkan pengumuman bahwa beberapa kendaraan kemungkinan berhasil menghindari jalan bebas hambatan itu, dan tak terlibat tabrakan beruntun tersebut.

Tabrakan beruntun terjadi di arah barat I-96 antara Williamston dan jalur keluar Okemos, setelah salju mulai menyelimuti daerah itu.

“Salju menyebabkan kondisi pandangan terbatas. Hujan salju kemudian membeku, yang menyebabkan kondisi jalan berbahaya,” demikian disebutkan Kantor Sherif Michigan.

Satu truk semitraktor-trailer menutupi sebagian besar jalur I-96. Sekitar puluhan mobil dan truk berada di parit dari median dan bahu jalan. Puluhan kendaraan lainnya dalam kondisi ringsek, tapi berhasil dipinggirkan ke sisi jalan.

“Aku mendengar suara yang paling menakutkan yang pernah terdengar,” kata seorang wartawan Detroit Free Press yang bepergian ke Lansing ketika ban semitraktor-trailer itu tergelincir di atas jalan berlapis es  Dia tak bisa kemana pun karena lalu lintas padat.

“Untungnya sopir itu mampu berhenti sebelum menabrak saya,” kata reporter bernama Kathleen Gray. Menurutnya, “mungkin butuh waktu sekitar satu jam untuk melewati lokasi kecelakaan beruntun itu.

Kemacetan terjadi saat penarikan semitraktor-trailer di bahu jalan bebas hambatan tersebut.

Kecelakaan pada Kamis waktu setempat itu menjadi pengingat meresahkan atas tragedi serupa di Interstate Michigan dalam beberapa tahun terakhir.

Hampir 200 kendaraan terlibat dalam kecelakaan di barat I-94 dari jalur county Calhoun-Kalamazoo pada Januari 2015. Insiden itu membuat interstate ditutup selama beberapa hari.

Saat itu, sopir truk berusia 58 tahun, Jean Larocque dari Quebec meninggal, dan hampir dua puluh orang dilarikan rumah sakit. Suhu dingin dan salju diduga menjadi penyebab utamanya, sama halnya dengan kecepatan yang berlebihan, dan puluhan sopir yang ditilang karena mengebut.

Berdasarkan audit yang dilakukan setelah kecelakaan, dilakukanlah relokasi kabel penghalang, rambu-rambu elektronik, dibuat pencahayaan baru dan beberapa peraturan baru lainnya.

Kecelakaan itu terjadi sekitar dua tahun setelah kecelakaan 41 kendaraan akibat jarak pandang terbatas karena salju di jalur I-75, di dekat pintu keluar Springwells di Detroit. Sebanyak tiga orang tewas dalam insiden tersebut.

sumber: Liputan6.com

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional