Wartapost.com

Jual Lukisan Kayu, Perempuan Ini Peroleh Omzet Rp 10 Juta Sebulan

  • Reporter:
  • Jumat, 19 Agustus 2016 | 21:01
  • / 15 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 303 kali
Jual Lukisan Kayu, Perempuan Ini Peroleh Omzet Rp 10 Juta Sebulan
Lukisan Kayu dari Mukakayu

Wartapost.com – Melihat peluang bisnis dari minat dan bakat bisa memberikan banyak keuntungan. Selain menuangkan kegemaran juga menjadi ladang pekerjaan yang menggiurkan. Hal ini lah yang dilakukan Ryka Ariesta dalam menjalankan bisnis lukisan kayu yang ia beri nama Mukakayu.

Bermula saat ia hendak membuat kado kepada dosen pembimbingnya, ia justru menemukan ide untuk menjadikan lukisan kayu sebagai bisnis. Dari tugas akhir yang ia kerjakan di jurusan desain grafis, Ryka mengaku mendapat inspirasi untuk mulai berbisnis dengan apa yang gemari.

“Gara-gara awalnya aku ingin membuat bingkisan untuk dosen pembimbing, soalnya aku lebih suka ngasih orang barang handmade dari pada beli jadi. Saat mengerjakan tugas akhir kan harus men-display karya pakai booth, jadi terinspirasi gitu,” kata Ryka.

Dari niat awal memberikan kado kepada dosen, justru banyak teman-temannya yang suka dengan karya Ryka. Sejak itulah orderan mulai bermunculan.

Ada berbagai macam barang yang diproduksi Mukakayu seperti kayu ucapan ulang tahun atau ucapan selamat menikah, jam dinding, gantungan kunci, dekorasi dinding dan souvernir pernikahan yang berbentuk tatakan gelas. Agar pelanggan tidak bosan, desain kayu buatannya pun tidak hanya berbentuk kotak tetapi ada juga yang bulat atau segi enam.

Untuk memulai usahanya dulu, Ryka mengatakan bahwa awalnya ia hanya modal Rp 60.000 untuk membeli beberapa bahan seperti kayu jati Belanda ramah lingkungan yang sudah tidak terpakai dan cat rubber.

Ryka menjual produknya dengan harga yang berbeda beda tergantung tingkat kesulitannya, mulai dari Rp 55.000 hingga Rp 400.000. Jika desain lukisan wajah, maka semakin banyak wajah pun harganya berbeda.

Saat ini sebagian besar pesanan yang ia terima lalu ia kerjakan sendiri. Namun, apanbila ia sudah kewalahan ia lalu memanggil satu karyawan panggilan untuk membantunya. Usaha yang ia lakukan ini masih terbilang baru. Ia mulai usanya dari November 2015 hingga saat ini. Walaupun belum genap setahun ia mampu menjual sekitar 70 buah produk dalam sebulan. Ryka mengaku omzet bisnisnya bisa mencapai 10 juta dalam sebulan.

Ryka mengerjakan bisnisnya dengan pacarnya yang juga lulusan desain grafis bernama Fikry. Setiap pesanan yang mereka terima akan dikerjakan bersama.

Untuk memiliki produk dari Mukakayu, pembeli dapat melihat produknya lewat Instagram dan Facebook. Ada juga online shop yang menjadi re-seller produknya.

Saat ini produk Mukakayu telah dikenal hampir diseluruh wilayah Indonesia sepert Jawa, Lampung, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali.

Untuk melihat katalog produknya, pembeli dapat melihat di akun Instagram: @mukakayu dan Line: Rykaariesta.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional