Wartapost.com

Kisah Nyi Blorong, Panglima Terkuat Pantai Selatan Bertubuh Ular

  • Reporter:
  • Sabtu, 10 Desember 2016 | 08:55
  • / 10 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 314 kali
Kisah Nyi Blorong, Panglima Terkuat Pantai Selatan Bertubuh Ular

WARTAPOST.com – Cerita rakyat atau dongeng tentang Nyi Blorong dianggap oleh sebagian orang menjadi cerita mitos yang masih belum jelas akan kebenarannya. Di zaman yang lebih modern seperti sekarang ini orang-orang lebih mengidentikan Nyi Blorong dengan aktris “ratu horor” Indonesia yaitu Suzzana, yang pernah memerankannya di dua judul film Nyi Blorong (1982) dan Perkawinan Nyi Blorong (1986).

Namun begitu, bagi sebagian besar masyarakat Jawa di pesisir pantai selatan Laut Jawa, Nyi Blorong adalah sosok mistis. Popularitasnya tak kalah mentereng dibanding sang Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul.

Baik dalam dongeng maupun film, Nyi Blorong kerap digambarkan sebagai wanita luar biasa cantik bertubuh ular dari pinggang ke bawah.

Menurut kepercayaan suku Jawa, Nyi Blorong adalah panglima terkuat pasukan gaib Kerajaan Laut Selatan. Ini artinya, Nyi Blorong adalah bagian dari tatanan Kerajaan Laut Selatan yang dikuasai oleh Nyi Roro Kidul.

Meski tak sedikit orang yang menganggap keduanya adalah sosok yang sama, namun kalangan spiritualis sangat meyakini bahwa Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul adalah dua sosok berbeda. Nyi Roro Kidul sebagai penguasa laut selatan, sementara Nyi Blorong adalah panglimanya.

Legenda suku Jawa menyebutkan bahwa pada bulan purnama penuh, kecantikan Nyi Blorong akan mencapai puncaknya. Akan tetapi, seiring dengan mengecilnya permukaan bulan yang terlihat dari bumi, maka wujudnya lama kelamaan akan berubah menjadi ular raksasa.

Pesugihan Nyi Blorong…

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional