Wartapost.com

Cetak Sejarah, Crutchlow Podium Pertama GP Ceko, Rossi Kedua

  • Reporter:
  • Minggu, 21 Agustus 2016 | 21:50
  • / 17 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 151 kali
Cetak Sejarah, Crutchlow Podium Pertama GP Ceko, Rossi Kedua
Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow

Wartapost.com – Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow berhasil mencetak sejarah karena mampu menjuarai GP Ceko di Sirkuit Brno, Minggu (21/8). Kesuksesannya itu menjadikanya pembalap asal Britania Raya sebagai pembalap pertama sejak 35 tahun terakhir. Pembalap Britania Raya terakhir yang menjuara ajang balapan elite adalah Barry Sheene tahun 1981.

Sedangkan juara dunia Valentino Rossi hanya mempu menempati podium kedua. Sementara pesaingnya Marc Marques dari Repsol Honda menempati podium ketiga.

Kondisi lintasan yang cukup sulit sempat membuat Valentino Rossi bekerja keras di putaran-putaran awal. Rossi dengan berani menggunakan strategi pemasangan ban belakang tipe keras dan ban depan tipe lunak.

Hal tersebut membuatnya cukup beresiko dalam melakoni sesi ini, dan benar, pada enam putaran pertama ia bahkan sempat tertinggal di posisi 12 karena kondisi ban belakang yang kurang optimal sebab suhunya belum panas. Baru setelah itu, Rossi menemukan kondisi terbaiknya. Ia lalu menyalip pembalap satu persatu di depannya. Hingga pada putaran ke 18, Rossi berhasil menempati posisi kedua. Sayangnya jarak yang terlampau jauh dengan posisi pertama Cal Crutchlow yang mencapai 6 detik, Rossi tidak mampu mengejarnya.

Penyebab utama Cal Crutchlow mampu melaju paling cepat dalam GP Ceko ini adalah startegi yang jenius. Ia berhasil memilih ban yang tepat dengan kondisi cuaca dan lintasan. Ia yang memulai start dari posisi ke-13 berhasil menyalip satu persatu dari pembalap di depannya hingga berada di posisi paling depan di putaran ke-16.

Berbeda dengan Marquez yang salah strategi dalam balapan ini. Marquez menggunakan ban lunak di depan dan belakang. Hal itu berakibat dengan performanya yang tidak maksimal. Ia harus berhati-hati agar ban yang ia gunakan tidak cepat aus. Walaupun mengawali start pada posisi pertama, Marquez sempat tertinggal di posisi lima di awal putaran. Sampai akhirnya mampu bertahan di posisi ketiga di putaran-putaran akhir.

Berikut urutan lengkasp hasil balapan MotoGP Ceko:

1. Cal Crutchlow

2. Valentino Rossi

3. Marc Marquez

4. Loris Baz

5. Hector Barbera

6. Eugene Laverty

7. Danilo Petrucci

8. Andrea Ianone

9. Maverick Vinales

10. Tito Rabat

11. Yonny Hernandez

12. Dani Pedrosa

13. Pol Espargaro

14. S. Bradl

15. Scott Redding

16. A. Bautista

 17. Jorge Lorenzo  

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional