Wartapost.com

Survey: Risma-Sandi Mampu Tandingi Ahok-Djarot

  • Reporter:
  • Minggu, 21 Agustus 2016 | 16:14
  • / 17 Djulqa'dah 1437
  • Dibaca : 146 kali
Survey: Risma-Sandi Mampu Tandingi Ahok-Djarot
Menurut Survey, Risma-Sandiaga Mampu Tandingi Ahok-Djarot

Wartapost.com – Sebuah riset yang dilakukan Manilka Research and Colsulting beberapa waktu lalu terkait nama yang muncul dalam Pemilihan Kepalada Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 menunjukkan bahwa pasangan Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno mampu mengimbangi petahana (incumbent) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat apabila pelaksanaan Pilkada dilakukan saat ini.

Hal ini dikatakan oleh Herzaky Mahendra Putra, Managing Director Manika di Jakarta, Minggu (21/8). Ia mengatakan bahwa berdasarkan simulasi kepada dua paket calon yaitu Ahok-Djarot dan Risma-Sandi, maka tingkat keterpilihan kedua pasangan calon tersebut memiliki nilai yang sama yaitu 20,9 persen.

Walaupun dalam pelaksanaan survey ini responden yang masih ragu-ragu masih cukup tinggi sebanyak 45,2 persen dan responden yang tidak memberikan jawaban pada survey ini sebanyak 13 persen, survey ini mengatakan bahwa saat ini nama Risma-Sandi cukup memiliki banyak pendukung. Namun, banyaknya massa yang mengambang atau swing voter juga pada survey ini menunjukan bahwa jika Pilkada dilakukan saat ini maka partisipasi masyrakat diprediksi masih kurang.

Salah satu faktor penyebab banyaknya responden yang tidak menentukan pilihan dalam survey ini adalah karena keputusan Ahok yang akan maju menjadi calon gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 melalui jalur partai.

“Jadi, jika Risma-Sandi muncul menjadi pasangan saat ini maka akna menjadi penantang terkuat Ahok-Djarot,” jelas Herzaky.

Selain keputusan Ahok maju lewat jalur partai, faktor lain yang mempengaruhi banyaknya responden yang belum menentukan pilihan adalah karena belum jelasnya siapa kandidat pasangan yang benar-benar akan mendaftarkan diri.

“Tinggal dilihat PDIP mau kemana. Kasih ke Djarot tetap dapat, ke Risma juga dapat. Atau mau main dua kaki (Risma dan Djarot diajukan),”  kata Herzaky.

Sandiaga Uno, calon yang diusung Partai Gerindra menyikapi postif hasil survey ini. Ia menganggap bahwa saat ini aspirasi masyrakat dan peta Politik Jakarta masih cukup dinamis. Dari hasil ini ia pun akan menganalisis lebih lanjut terutama kemungkinan pemasanganya dengan Risma.

Sandiaga Uno mengatakan, ”Silahkan teman-teman parpol melihat hasil survey ini. Saya menganggap ini aspirasi rakyat. Apapun keputusannya, ini belum final.”

Di sisi lain, walaupun PDIP belum mengumumkan secara resmi akan mendukung Ahok atau tidak, Djarot Saiful Hidayat yang digadang aka dipasangkan dengan Ahok mengatakan sudah ada indikasi PDIP untuk mendukung Ahok, namun ia masih menunggu prosesnya.

Ahok beberapa waktu lalu mengatakan bahwa dirinya sudah mendapat restu dari Megawati Soekarnoputrie, Ketua Umum PDI Perjuangan. Dari sebab itu saat ini Djarot lah yang diperkirakan tetap menemani Ahok maju Pilkada DKI Jakarta 2017 seperti sebelumnya.

Sayangya klaim Ahok itu justru mendapat reaksi keras dari kader PDI Perjuangan, Adreas Hugo Paraira selaku Ketua DPP PDI Perjuangan. Ia mengtakan bahwa Ahok telah memecah belah dan mengadu domba antar kader PDIP. Andreas bahkan menganggap baha Ahok dengan licik ingin mengadu domba antara Djarot dan PDIP.

Namun siapa sebenarnya nama yang akan diusung partai pemilik kursi terbanyak di DPR itu? Menurut Djarot, dalam sepekan depan akan terlihat perkembangannya.

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional