Wartapost.com

Inilah 10 Fakta Menarik Laga Timnas Indonesia Vs Thailand, Kamu Pasti Belum Tau

  • Reporter:
  • Minggu, 18 Desember 2016 | 16:05
  • / 18 Rabiul Uula 1438
  • Dibaca : 99 kali
Inilah 10 Fakta Menarik Laga Timnas Indonesia Vs Thailand, Kamu Pasti Belum Tau

Timnas Indonesia bakal menjajal kekuatan Thailand pada laga puncak Piala AFF 2016. Pertandingan ini merupakan final ke-11 turnamen yang mempertemukan negara-negara kawasan Asia Tenggara. Kedua tim bakal bersua pada 14 dan 17 Desember 2016.

Perjalanan Timnas Indonesia lolos ke partai puncak amat dramatis. Tim asuhan Alfred Riedl, hanya menggelar persiapan selama dua bulan, setelah FIFA secara resmi mencabut sanksi kepada PSSI pada bulan Mei 2016 lalu.

Sudah setahun lebih Tim Merah-Putih tidak berlaga di persaingan internasional. Jelang Piala AFF 2016, Boaz Solossa dkk. hanya sempat empat kali menjalani uji coba. Itupun melawan negara-negara sesama Asia Tenggara macam Vietnam (2 kali), Malaysia, dan Myanmar.

Dan benar saja datang ke Filipina dengan kondisi serbaminimalis Timnas Indonesiaterseok-seok menjalani penyisihan Grup A. Pada pertandingan perdana Tim Garuda kalah telak 2-4. Selanjutnya hanya bisa bermain imbang melawan tuan rumah Filipina 2-2.

Indonesia akhirnya lolos dari kepungan penyisihan setelah menang 2-1 kontra Singapura. Begitu memasuki babak semifinal, perlawanan keras didapat Timnas Indonesia dari Vietnam.

Menang pada duel leg pertama dengan 2-1 di Stadion Pakansari, Bogor, Andik Vermansah dkk. juga kalah dengan skor serupa di markas lawan Stadion My Dinh, Hanoi. Pertandingan harus dilanjutkan perpanjangan waktu.

Manahati Lestusen jadi pahlawan setelah sukses menjebol gawang Tim Negeri Paman Ho lewat tendangan penalti. Timnas Indonesia menikmati keuntungan tendangan 12 pas setelah striker, Ferdinand Sinaga, ditekel keras oleh kiper Vietnam di area kotak penalti. Skor 2-2 menutup pertandingan.

Di sisi lain, Thailand yang berstatus sebagai juara bertahan langkahnya terhitung mulus. Setelah menggasak Timnas Indonesia, tim asuhan Kiatisuk Senamuang secara beruntun mengalahkan Singapura 1-0 dan Filipina 1-0.

Memasuki fase semifinal Thailand makin tidak terbendung. Tim Gajah Putih menang telak 2-0 di kandang Myanmar. Berikutnya saat menjamu kubu lawan di Bangkok, Thailand menang 4-0.

Duel Timnas Indonesia kontra Thailand terhitung klasik di kawasan Asia Tenggara. Kedua negara selama ini dianggap mewakili dua kutup kekuatan sepak bola kawasan ini. Bola.com merangkum fakta-fakta unik menyangkut kedua tim. Ada baiknya Anda perlu tahu, agar bisa meresapi rivalitas panas antara Tim Merah-Putih dengan Tim Gajah Putih.

1. Pertemuan Ketiga di Final Piala AFF

Timnas Indonesia saat berjumpa Thailand di Piala AFF 2000. (Bola.com/Kientcut.net.vn)

Duel final antara Timnas Indonesia kontra Thailand di Piala AFF 2016 merupakan ulangan kali ketiga. Sebelumnya kedua tim juga berjumpa di partai puncak turnamen elite antarnegara Asia Tenggara tersebut pada edisi 2000 dan 2002.

Tim Negeri Gajah Putih sukses menekuk Tim Merah-Putih di dua pertemuan tersebut. Pada Piala Tiger (nama lama Piala AFF) 2000 Timnas Indonesia kalah telak 1-4 melawan Thailand.

Gol semata wayang Indonesia dicetak Uston Nawawi. Di sisi lain bomber Thailand Worrawot Srimaka mengamuk mencetak hattrick plus ditambah satu gol Tanongsak Prajakkata.

Sebelumnya di babak penyisihan Timnas Thailand yang diasuh oleh pelatih asal Inggris, Peter Withe juga menang telak 4-1 atas Tim Garuda. Gara-gara hasil negatif di penyisihan, pelatih kepala Nandar Iskandar dicopot dari jabatannya.

Bertindak sebagai tuan rumah pada Piala Tiger 2002, Tim Merah-Putih juga dibuat tak berdaya oleh Thailand pada partai final turnamen dengan skor 4-2.Pertandingan harus diakhiri lewat drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Walau bentrok digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Timnas Indonesia tertinggal 0-2 lebih dahulu. Yaris Riyadi dan Gendut Dony jadi penyelamat untuk memaksakan terjadinya perpanjangan waktu berujung adu tos-tosan.

2. Thailand Juara Terbanyak

Baca Lebih Lengkap di Halaman Selanjutnya:

Lanjut Baca → 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Baca Juga:

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional